Rabu, 15 Oktober 2014

06 STANDAR PENGELOLAAN



NO
BUTIR INSTRUMEN
BUKTI FISIK
SUBTANSI MATERI BUKTI FISIK
91
Sekolah/Madrasah telah merumuskan dan menetapkan visi lembaga.
A.

Merumuskan dan menetapkan visi, mudah dipahami, dan sering disosialisasikan
B. Merumuskan dan menetapkan visi, mudah dipahami, dan

pernah disosialisasikan
C.

Merumuskan dan menetapkan visi, mudah dipahami, tetapi tidak disosialisasikan
D.

Merumuskan dan menetapkan visi, sulit dipahami, dan tidak disosialisasikan
E.

Tidak merumuskan dan menetapkan visi
~ Rumusan Visi sekolah
~ SK Penetapan dari Kep Sek.
~ Pemajangan Visi sekolah
~ Dipajang pada tempat yang strategis
~ Undangan, daftar hadir, notulen sosialisasi visi sekolah.
Frekuensi sosialisasi Visi sekolah
Sering : minimal 2 kali dalam 1 semester.
92
Sekolah/Madrasah telah merumuskan dan menetapkan misi lembaga.
A.

Merumuskan dan menetapkan misi, mudah dipahami dan sering disosialisasikan
B. Merumuskan dan menetapkan misi, mudah dipahami dan

pernah disosialisasikan
C.

Merumuskan dan menetapkan misi, mudah dipahami tetapi tidak disosialisasikan
D.

Merumuskan dan menetapkan misi, sulit dipahami dan tidak disosialisasikan


E. Tidak merumuskan dan menetapkan misi
P ~ Rumusan Misi sekolah
~ SK Penetapan
~ Pemajangan Misi sekolah
~ Dipajang pada tempat yang strategis
~ Undangan, daftar hadir, notulen sosialisasi misi sekolah
Frekuensi sosialisasi Misi sekolah
Sering : minimal 2 kali dalam 1 semester.
93
Sekolah/Madrasah telah merumuskan dan menetapkan tujuan lembaga.
A.

Merumuskan dan menetapkan tujuan, mudah dipahami dan sering disosialisasikan
B.

Merumuskan dan menetapkan tujuan, mudah dipahami dan pernah disosialisasikan
C. Merumuskan dan menetapkan tujuan, mudah dipahami

tetapi tidak disosialisasikan
D. Merumuskan dan menetapkan tujuan, sulit dipahami dan

tidak disosialisasikan


E. Tidak merumuskan dan menetapkan tujuan
~ Rumusan tujuan sekolah
~ SK Penetapan
~ Pemajangan tujuan sekolah
~ Dipajang pada tempat yang strategis
~ Undangan, daftar hadir, notulen sosialisasi tujuan sekolah
Frekuensi sosialisasi tujuan sekolah
Sering : minimal 2 kali dalam 1 semester.
94
Sekolah/Madrasah memiliki rencana kerja jangka menengah (empat tahunan) dan rencana kerja tahunan.
A.

Memiliki rencana kerja jangka menengah dan rencana kerja tahunan dan sudah disosialisasikan
B.

Memiliki rencana kerja jangka menengah dan rencana kerja tahunan dan salah satunya sudah disosialisasikan
C.

Memiliki rencana kerja jangka menengah dan rencana kerja tahunan dan keduanya belum disosialisasikan
D.

Memiliki rencana kerja jangka menengah atau rencana kerja tahunan, baik sudah maupun belum disosialisasikan
E.

Tidak memiliki rencana kerja jangka menengah dan rencana kerja tahunan
a. Dokumen RKJM (4tahun) berdasarkan EDS
b. Dokmen Rencana Kerja Tahunan(RKT):
c. Undangan , Daftar hadir, Notulen sosialisasi RKJM dan RKT sekolah
Berita acara sosialisasi RKJM dan RKT sekolah
a. Sosialisasi RKJM / RKT
b. RKJM/RKT memuat 8 Standart Nasional pendidikan
c. Catatan: Kesesuaian antara RKJM dan RKT
95
Sekolah/Madrasah memiliki pedoman yang mengatur berbagai aspek pengelolaan secara tertulis yang mudah dipahami oleh pihak-pihak terkait.’
A.

Memiliki pedoman yang mengatur 7 atau lebih aspek pengelolaan secara tertulis
B.

Memiliki pedoman yang mengatur 5 atau 6 aspek pengelolaan secara tertulis
C.

Memiliki pedoman yang mengatur 3 atau 4 aspek pengelolaan secara tertulis
D. Memiliki pedoman yang mengatur 1 atau 2 aspek

pengelolaan secara tertulis
E.

Tidak memiliki pedoman yang mengatur pengelolaan secara tertulis
Buku pedoman pengelolaan pendidikan meliputi :
1. Kurikulum
2. Kalender pendidikan
3. Struktur organisasi
4. Pendayagunaan
pendidik/tendik
5. Peraturan akademik
6. Tata tertib sekolah
7. Kode etik
8. Pedoman pengelolaan keuangan (BOS)
1. KTSP
2. Kalender pendidikan dari dinas/yayasan
3. Rincian tugas/uraian tugas
4. SK Pembagian tugas
5. Kriteria persyaratan minimal kehadiran siswa, KKM dan pelaksanaan ulangan, remedial, aturan kenaikan kelas dan kelulusan, aturan pemberian reward dan punishmen
6. peraturan sangsi, catatan pelanggaran bagi warga sekolah
7. kode etik sekolah yang dipajang di tempat yang strategis
8. pedoman pengelolaan keuangan
96
Sekolah/Madrasah memiliki struktur organisasi dengan kejelasan uraian tugas.
A.

Memiliki struktur organisasi yang dipajang di dinding dan disertai uraian tugas yang jelas


B. Memiliki struktur organisasi dan disertai uraian tugas yang jelas


C. Memiliki struktur organisasi dan disertai uraian tugas tetapi tidak jelas


D. Memiliki struktur organisasi tetapi tidak ada uraian tugas


E. Tidak memiliki struktur organisasi
Struktur organisasi S/M:
a. Struktur organisasi sekolah
b. Struktur organisasi komite
c. Struktur organisasi perpustakaan
d. Struktur organisasi pramuka
e. Struktur organisasi UKS
f. Struktur organisasi Kopsis
Setiap organisasi memiliki struktur yang dilengkapi dengan uraian tugas
97
Sekolah/Madrasah melaksanakan kegiatan sesuai dengan rencana kerja tahunan.
A.

Sebanyak 76% — 100% kegiatan sesuai dengan rencana kerja tahunan


B. Sebanyak 51% — 75% kegiatan sesuai dengan rencana kerja tahunan
C.

Sebanyak 26% — 50% kegiatan sesuai dengan rencana kerja tahunan
D.

Sebanyak 1% — 25% kegiatan sesuai dengan rencana kerja tahunan
E.

Tidak melaksanakan kegiatan sesuai dengan rencana kerja tahunan
Dokumen RKT yang sesuai RKJM dan dokumen laporan pelaksanaan kegiatan
Evaluasi keterkaitan RKT
Persentase kesesuaian program kegiatan dengan pelaksanaan kegiatan
98
Sekolah/Madrasah melaksanakan kegiatan kesiswaan.


A. Melaksanakan 4 atau lebih jenis kegiatan kesiswaan


B. Melaksanakan 3 jenis kegiatan kesiswaan


C. Melaksanakan 2 jenis kegiatan kesiswaan


D. Melaksanakan 1 jenis kegiatan kesiswaan


E. Tidak melaksanakan kegiatan kesiswaan
1. Dokumen layanan konseling ( buku BK )
2. Program ekstrakurikuler dan kokurikuler
3. Buku catatan pembinaan prestasi unggulan
4. Daftar alumni
Jumlah jenis kegiatan kesiswaan
99
Sekolah/Madrasah melaksanakan kegiatan pengembangan kurikulum dan pembelajaran
A.

Melaksanakan 4 atau lebih kegiatan pengembangan kurikulum dan pembelajaran


B. Melaksanakan 3 kegiatan pengembangan kurikulum dan pembelajaran
C.

Melaksanakan 2 kegiatan pengembangan kurikulum dan pembelajaran
D.

Melaksanakan 1 kegiatan pengembangan kurikulum dan pembelajaran
E.

Tidak melaksanakan kegiatan pengembangan kurikulum dan pembelajaran
Dokumen pelaksanaan pengembangan :
1. Kurikulum Sekolah
2. Kalender Pendidikan/akademik
3. Program pembelajaran
4. Penilaian hasil belajar
5. Peraturan akademik
Macam kegiatan pengembangan kurikulum dan pembelajaran
100
Sekolah/Madrasah melaksanakan pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan.
A.

Melaksanakan 4 atau lebih program pengelolaan pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan
B.

Melaksanakan 3 program pengelolaan pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan
C. Melaksanakan 2 program pengelolaan pendayagunaan

pendidik dan tenaga kependidikan
D. Melaksanakan 1 program pengelolaan pendayagunaan

pendidik dan tenaga kependidikan
E. Tidak melaksanakan program pengelolaan pendayagunaan

pendidik dan tenaga kependidikan
1. SK Pembagian tugas
2. Jadwal pelajaran
3. Surat tugas
4. SK penentuan penghargaan
5. Piagam penghargaan
6. program promosi dan penempatan
7. program mutasi
Jumlah pelaksanaan program pengelolaan pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan
101
Sekolah/Madrasah mengelola sarana dan prasarana pembelajaran.


A. Mengelola 4 atau lebih program sarana dan prasarana


B. Mengelola 3 program sarana dan prasarana


C. Mengelola 2 program sarana dan prasarana


D. Mengelola 1 program sarana dan prasarana
E.

Tidak mengelola program sarana dan prasarana
1. Dokumen perencanaan,pemenuhan,pendayagunaan sarpras dan pembelajaran
2. Evaluasi serta pemeliharaan sarpras
3. Perlengkapan fasilitas pembelajaran
4. Penyusunan skala prioritas pengembangan fasilitas pendidikan
5. Pemeliharaan fasilitas
Jumlah program pengelolaan sarana dan prasarana pembelajaran
Catatan: 1.Realisasi pelaksanaan di pengeluaran keuangan.
2.Prosedur mutu standard sarpras.
102
Sekolah/Madrasah mengelola pembiayaan pendidikan.
A.

Memiliki 4 program pengelolaan pembiayaan pendidikan


B. Memiliki 3 program pengelolaan pembiayaan pendidikan


C. Memiliki 2 program pengelolaan pembiayaan pendidikan


D. Memiliki 1 program pengelolaan pembiayaan pendidikan
E.

Tidak memiliki program pengelolaan pembiayaan pendidikan
Dokumen program pengelolaan pembiayaan pendidikan :
1. Sumber pemasukan,pengeluaran dan jumlah dana yang dikelola(RKAS)
2. Kewenangan dan tanggung jawab kepala sekolah/madrasah dalam membelanjakan anggaran pendidikan sesuai peruntukkannya
3. Pembukuan semua penerimaan dan pengeluaran dan bukti kuitansi
4. Penggunaan anggaran untuk dilaporkan kepada komite sekolah/madrasah atau lembaga penyelenggara pendidikan serta institutsi diatasnya
5. SK Pembagian tugas pengelolaan keuangan sekolah.
Jumlah program pengelolaan pembiayaan pendidikan
103
Sekolah/Madrasah menciptakan suasana, iklim, dan lingkungan pembelajaran yang kondusif.
A.

Melaksanakan 4 atau lebih kegiatan menciptakan suasana, iklim, dan lingkungan pembelajaran yang kondusif
B.

Melaksanakan 3 kegiatan menciptakan suasana, iklim, dan lingkungan pembelajaran yang kondusif
C. Melaksanakan 2 kegiatan menciptakan suasana, iklim, dan

lingkungan pembelajaran yang kondusif
D. Melaksanakan 1 kegiatan menciptakan suasana, iklim, dan

lingkungan pembelajaran yang kondusif
E. Tidak melaksanakan kegiatan menciptakan suasana, iklim,

dan lingkungan pembelajaran yang kondusif
Dokumen perencanaan dan pelaksanaan kegiatan sekolah/madrasah untuk menciptakan suasana iklim,dan lingkungan yang kondusif seperti pelaksanaan tata tertib, kode etik, budaya sekolah 5 S ,6 K, budaya PHBS,dll.
foto-foto kegiatan dsb.
Bukti fisik proses penetapan budaya sekolah ( undangan, dokumen, daftar hadir, notulen). Budaya budaya tsb disosialisasikan, dipajang di tempat-tempat strategis.
104
Sekolah/Madrasah melibatkan masyarakat dan membangun kemitraan dengan lembaga lain yang relevan dalam pengelolaan pendidikan.
A.

Memiliki 4 atau lebih dokumen tentang keterlibatan masyarakat pendukung dan membangun kemitraan dengan lembaga lain yang relevan dalam pengelolaan pendidikan
B.

Memiliki 3 dokumen tentang keterlibatan masyarakat pendukung dan membangun kemitraan dengan lembaga lain yang relevan dalam pengelolaan pendidikan
C.

Memiliki 2 dokumen tentang keterlibatan masyarakat pendukung dan membangun kemitraan dengan lembaga lain yang relevan dalam pengelolaan pendidikan
D.

Memiliki 1 dokumen tentang keterlibatan masyarakat pendukung dan membangun kemitraan dengan lembaga lain yang relevan dalam pengelolaan pendidikan
E.

Tidak memiliki dokumen tentang keterlibatan masyarakat pendukung dan membangun kemitraan dengan lembaga lain yang relevan dalam pengelolaan pendidikan
Dokumen tertulis tentang keterlibatan masyarakat dan atau lembaga lain yang relevan dalam mendukung pengelolaan pendidikan di sekolah/ madrasah seperti :
1. Penyusunan program kegiatan sekolah/madrasah
2. Pelaksanaan program kegiatan
3. Bantuan tenaga dan material untuk pengadaan sarpras
4. MOU dengan lembaga lain
5. Buku catatan kegiatan, bukti kerjasama, dan foto kegiatan
Jumlah dokumen tentang keterlibatan masyarakat pendukung dan membangun kemitraan dengan lembaga lain
105
Sekolah/Madrasah memiliki program pengawasan yang disosialisasikan kepada pendidik dan tenaga kependidikan.


A. Memiliki 4 atau lebih dokumen program pengawasan


B. Memiliki 3 dokumen program pengawasan


C. Memiliki 2 dokumen program pengawasan


D. Memiliki 1 dokumen program pengawasan


E. Tidak memiliki dokumen program pengawasan
Dokumen program pengawasan: 1. Pemantuan
2. supervisi
3. evaluasi
4. pelaporan
5. tindak lanjut
6. bukti sosialisasi program
mengacu permendiknas 19 th 2007
Jumlah dokumen program pengawasan
106
Sekolah/Madrasah melaksanakan kegiatan evaluasi diri.
A.

Melaksanakan evaluasi diri setidak-tidaknya sekali dalam 1 semester


B. Melaksanakan evaluasi diri sekali dalam 2 semester


C. Melaksanakan evaluasi diri sekali dalam 3 semester


D. Melaksanakan evaluasi diri sekali dalam 4 semester
E.

Tidak melaksanakan evaluasi diri
1. Dokumen EDS
2. laporan hasil EDS
Frekuensi pelaksanaan EDS
Laporan kinerja tahunan.
107
Sekolah/Madrasah melaksanakan evaluasi kinerja pendidik dan tenaga kependidikan.
A.

Melaksanakan 4 program evaluasi kinerja pendidik dan tenaga kependidikan
B.

Melaksanakan 3 program evaluasi kinerja pendidik dan tenaga kependidikan
C.

Melaksanakan 2 program evaluasi kinerja pendidik dan tenaga kependidikan
D.

Melaksanakan 1 program evaluasi kinerja pendidik dan tenaga kependidikan


E. Tidak melakukan program evaluasi kinerja pendidik dan tenaga kependidikan
Laporan evaluasi kinerja pendidik dan tenaga kependidikan meliputi:
1. kesesuaian penugasan dengan keahlian / ijazah
2. keseimbangan beban kerja
( kesesuaian jumlah jam mengajar )
3. kinerja pendidik dan tenaga kependidikan dalam pelaksanaan tugas
(cont : Dokumen supervisi dan DP 3 )
4. pencapaian prestasi pendidik dan tenaga kependidikan (conth : Catatan prestasi dan promosi )
Jumlah pelaksanaan program evaluasi kinerja pendidik dan tenaga kependidikan.
Bukti fisik proses penilaian DP3
108
Sekolah/Madrasah mempersiapkan unsur-unsur pelaksanaan akreditasi.


A. Mempersiapkan 4 unsur pelaksanaan akreditasi


B. Mempersiapkan 3 unsur pelaksanaan akreditasi


C. Mempersiapkan 2 unsur pelaksanaan akreditasi


D. Mempersiapkan 1 unsur pelaksanaan akreditasi


E. Tidak mempersiapkan 1 unsur pun pelaksanaan akreditasi
F.
1. Instrumen akreditasi, petunjuk tekhnis, tekhnik penskoran, instrumen pengumpul data, informasi pendukung
2. SK Tim pelaksana persiapan akreditasi
3. Bukti fisik non dokumen
4. Sarana prasarana yang dibutuhkan akreditasi
Jumlah aspek/unsur pelaksanaan akreditasi
109
Kepala Sekolah/Madrasah melaksanakan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) kepemimpinan sesuai dengan standar yang telah ditentukan.


A. Melaksanakan 15 — 18 tupoksi kepemimpinan kepala sekolah/madrasah


B. Melaksanakan 11 — 14 tupoksi kepemimpinan kepala sekolah/madrasah


C. Melaksanakan 6 — 10 tupoksi kepemimpinan kepala sekolah/madrasah


D. Melaksanakan 1 — 5 tupoksi kepemimpinan kepala sekolah/madrasah
E.

Tidak melaksanakan tupoksi kepemimpinan kepala sekolah/madrasah
Buku Agenda kerja kepala sekolah yang berisi tentang pelaksanaan tupoksi kepala sekolah (18 tupoksi )
Permendiknas no 11 thn 2009 ..atau permendiknas No 19 thn 2007
Jumlah tupoksi kepemimpinan yang dilaksanakan kepala sekolah
110
Sekolah/Madrasah memiliki sistem informasi manajemen untuk mendukung administrasi pendidikan.
A.

Memiliki sistem informasi dan memiliki fasilitas dan petugas khusus
B.

Memiliki sistem informasi dan memiliki fasilitas tetapi tidak memiliki petugas khusus
C.

Memiliki sistem informasi dan memiliki petugas khusus tetapi tidak memiliki fasilitas
D.

Memiliki sistem informasi tetapi tidak memiliki fasilitas dan/atau petugas khusus
E.

Tidak memiliki sistem informasi
a. SK Kepala sekolah Tenaga khusus yang mengelola informasi
b. Fasilitas TI (software dan
hardware)
c. Dokumen sistem informasi manual :
1. Data kesiswaan
2. Data kepegawaian
3. Dsb
Kepemilikan fasilitas dan petugas khusus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar