NO
|
BUTIR
INSTRUMEN
|
BUKTI
FISIK
|
SUBTANSI
MATERI BUKTI FISIK
|
|||||
91
|
Sekolah/Madrasah
telah merumuskan dan menetapkan visi lembaga.
A.
B.
Merumuskan
dan menetapkan visi, mudah dipahami, dan
C.
D.
E.
|
~ Rumusan
Visi sekolah
~ SK
Penetapan dari Kep Sek.
~ Pemajangan Visi sekolah
~ Dipajang pada tempat yang strategis
~ Undangan, daftar hadir, notulen
sosialisasi visi sekolah.
|
Frekuensi sosialisasi Visi sekolah
Sering : minimal 2 kali dalam 1 semester.
|
|||||
92
|
Sekolah/Madrasah
telah merumuskan dan menetapkan misi lembaga.
A.
B.
Merumuskan
dan menetapkan misi, mudah dipahami dan
C.
D.
E.
Tidak
merumuskan dan menetapkan misi
|
P ~ Rumusan Misi sekolah
~ SK Penetapan
~ Pemajangan
Misi sekolah
~ Dipajang pada tempat yang strategis
~ Undangan, daftar hadir, notulen
sosialisasi misi sekolah
|
Frekuensi sosialisasi Misi sekolah
Sering : minimal 2 kali dalam 1 semester.
|
|||||
93
|
Sekolah/Madrasah
telah merumuskan dan menetapkan tujuan lembaga.
A.
B.
C.
Merumuskan
dan menetapkan tujuan, mudah dipahami
D.
Merumuskan
dan menetapkan tujuan, sulit dipahami dan
E.
Tidak
merumuskan dan menetapkan tujuan
|
~ Rumusan tujuan
sekolah
~ SK Penetapan
~ Pemajangan tujuan sekolah
~ Dipajang pada tempat yang strategis
~ Undangan,
daftar hadir, notulen sosialisasi tujuan
sekolah
|
Frekuensi sosialisasi tujuan sekolah
Sering : minimal 2 kali dalam 1 semester.
|
|||||
94
|
Sekolah/Madrasah
memiliki rencana kerja jangka menengah (empat tahunan) dan
rencana kerja tahunan.
A.
B.
C.
D.
E.
|
a. Dokumen
RKJM (4tahun) berdasarkan EDS
b. Dokmen
Rencana Kerja Tahunan(RKT):
c.
Undangan ,
Daftar hadir, Notulen sosialisasi RKJM
dan RKT sekolah
Berita acara sosialisasi RKJM
dan RKT sekolah
|
a.
Sosialisasi
RKJM / RKT
b.
RKJM/RKT
memuat 8 Standart Nasional pendidikan
c.
Catatan:
Kesesuaian antara RKJM dan RKT
|
|||||
95
|
Sekolah/Madrasah
memiliki pedoman yang mengatur berbagai aspek pengelolaan
secara tertulis yang mudah dipahami oleh pihak-pihak terkait.’
A.
B.
C.
D.
Memiliki
pedoman yang mengatur 1 atau 2 aspek
E.
|
Buku pedoman pengelolaan pendidikan meliputi :
1. Kurikulum
2.
Kalender pendidikan
3.
Struktur organisasi
4.
Pendayagunaan
pendidik/tendik
5.
Peraturan akademik
6.
Tata tertib sekolah
7. Kode etik
8. Pedoman pengelolaan keuangan (BOS)
|
1. KTSP
2. Kalender
pendidikan dari dinas/yayasan
3. Rincian tugas/uraian
tugas
4. SK
Pembagian tugas
5. Kriteria persyaratan minimal kehadiran
siswa, KKM dan pelaksanaan ulangan, remedial, aturan kenaikan kelas dan
kelulusan, aturan pemberian reward dan
punishmen
6. peraturan sangsi, catatan
pelanggaran bagi warga sekolah
7. kode etik sekolah yang
dipajang di tempat yang
strategis
8. pedoman pengelolaan keuangan
|
|||||
96
|
Sekolah/Madrasah
memiliki struktur organisasi dengan kejelasan uraian tugas.
A.
B.
Memiliki
struktur organisasi dan disertai uraian tugas yang jelas
C.
Memiliki
struktur organisasi dan disertai uraian tugas tetapi tidak jelas
D.
Memiliki
struktur organisasi tetapi tidak ada uraian tugas
E.
Tidak
memiliki struktur organisasi
|
Struktur
organisasi S/M:
a. Struktur
organisasi sekolah
b. Struktur
organisasi komite
c. Struktur
organisasi perpustakaan
d. Struktur
organisasi pramuka
e. Struktur
organisasi UKS
f.
Struktur organisasi Kopsis
|
Setiap
organisasi memiliki struktur yang dilengkapi
dengan uraian tugas
|
|||||
97
|
Sekolah/Madrasah
melaksanakan kegiatan sesuai dengan rencana kerja tahunan.
A.
B.
Sebanyak 51%
— 75% kegiatan sesuai dengan rencana kerja
tahunan
C.
D.
E.
|
Dokumen RKT yang sesuai RKJM dan dokumen
laporan pelaksanaan kegiatan
Evaluasi
keterkaitan RKT
|
Persentase kesesuaian
program kegiatan dengan pelaksanaan kegiatan
|
|||||
98
|
Sekolah/Madrasah
melaksanakan kegiatan kesiswaan.
A.
Melaksanakan
4 atau lebih jenis kegiatan kesiswaan
B.
Melaksanakan
3 jenis kegiatan kesiswaan
C.
Melaksanakan
2 jenis kegiatan kesiswaan
D.
Melaksanakan
1 jenis kegiatan kesiswaan
E.
Tidak
melaksanakan kegiatan kesiswaan
|
1.
Dokumen layanan konseling ( buku
BK )
2.
Program ekstrakurikuler dan kokurikuler
3.
Buku catatan pembinaan prestasi
unggulan
4.
Daftar
alumni
|
Jumlah jenis kegiatan kesiswaan
|
|||||
99
|
Sekolah/Madrasah
melaksanakan kegiatan pengembangan kurikulum dan pembelajaran
A.
B.
Melaksanakan
3 kegiatan pengembangan kurikulum dan pembelajaran
C.
D.
E.
|
Dokumen pelaksanaan pengembangan :
1.
Kurikulum Sekolah
2.
Kalender Pendidikan/akademik
3.
Program pembelajaran
4.
Penilaian hasil belajar
5.
Peraturan akademik
|
Macam kegiatan pengembangan kurikulum dan pembelajaran
|
|||||
100
|
Sekolah/Madrasah
melaksanakan pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan.
A.
B.
C.
Melaksanakan
2 program pengelolaan pendayagunaan
D.
Melaksanakan
1 program pengelolaan pendayagunaan
E.
Tidak
melaksanakan program pengelolaan pendayagunaan
|
1.
SK Pembagian tugas
2.
Jadwal pelajaran
3.
Surat tugas
4.
SK penentuan penghargaan
5.
Piagam penghargaan
6.
program promosi dan
penempatan
7.
program mutasi
|
Jumlah
pelaksanaan program pengelolaan pendayagunaan pendidik dan tenaga
kependidikan
|
|||||
101
|
Sekolah/Madrasah
mengelola sarana dan prasarana pembelajaran.
A.
Mengelola 4
atau lebih program sarana dan prasarana
B.
Mengelola 3
program sarana dan prasarana
C.
Mengelola 2
program sarana dan prasarana
D.
Mengelola 1
program sarana dan prasarana
E.
|
1.
Dokumen perencanaan,pemenuhan,pendayagunaan
sarpras dan pembelajaran
2.
Evaluasi serta pemeliharaan
sarpras
3.
Perlengkapan fasilitas
pembelajaran
4.
Penyusunan skala prioritas
pengembangan fasilitas pendidikan
5.
Pemeliharaan fasilitas
|
Jumlah program pengelolaan sarana dan prasarana pembelajaran
Catatan:
1.Realisasi pelaksanaan di pengeluaran keuangan.
2.Prosedur
mutu standard sarpras.
|
|||||
102
|
Sekolah/Madrasah
mengelola pembiayaan pendidikan.
A.
B.
Memiliki 3
program pengelolaan pembiayaan pendidikan
C.
Memiliki 2
program pengelolaan pembiayaan pendidikan
D.
Memiliki 1
program pengelolaan pembiayaan pendidikan
E.
|
Dokumen
program pengelolaan pembiayaan pendidikan :
1.
Sumber pemasukan,pengeluaran
dan jumlah dana yang dikelola(RKAS)
2.
Kewenangan dan tanggung jawab
kepala sekolah/madrasah dalam membelanjakan anggaran pendidikan sesuai
peruntukkannya
3.
Pembukuan semua penerimaan
dan pengeluaran
dan bukti kuitansi
4.
Penggunaan anggaran untuk
dilaporkan kepada komite sekolah/madrasah atau lembaga penyelenggara
pendidikan serta institutsi diatasnya
5.
SK
Pembagian tugas pengelolaan keuangan sekolah.
|
Jumlah
program pengelolaan pembiayaan pendidikan
|
|||||
103
|
Sekolah/Madrasah
menciptakan suasana, iklim, dan lingkungan pembelajaran
yang kondusif.
A.
B.
C.
Melaksanakan
2 kegiatan menciptakan suasana, iklim, dan
D.
Melaksanakan
1 kegiatan menciptakan suasana, iklim, dan
E.
Tidak
melaksanakan kegiatan menciptakan suasana, iklim,
|
Dokumen perencanaan dan pelaksanaan kegiatan
sekolah/madrasah untuk menciptakan suasana iklim,dan lingkungan yang kondusif
seperti pelaksanaan tata tertib, kode etik,
budaya sekolah 5 S ,6 K, budaya PHBS,dll.
foto-foto kegiatan dsb.
|
Bukti
fisik proses penetapan budaya sekolah ( undangan, dokumen, daftar hadir,
notulen). Budaya budaya tsb disosialisasikan, dipajang di tempat-tempat
strategis.
|
|||||
104
|
Sekolah/Madrasah
melibatkan masyarakat dan membangun kemitraan dengan
lembaga lain yang relevan dalam pengelolaan pendidikan.
A.
B.
C.
D.
E.
|
Dokumen
tertulis tentang keterlibatan masyarakat dan atau lembaga lain yang relevan
dalam mendukung pengelolaan pendidikan di sekolah/ madrasah seperti :
1.
Penyusunan
program kegiatan sekolah/madrasah
2.
Pelaksanaan
program kegiatan
3.
Bantuan
tenaga dan material untuk pengadaan sarpras
4.
MOU dengan
lembaga lain
5.
Buku
catatan kegiatan, bukti kerjasama, dan foto kegiatan
|
Jumlah dokumen tentang keterlibatan masyarakat
pendukung dan membangun kemitraan
dengan lembaga lain
|
|||||
105
|
Sekolah/Madrasah
memiliki program pengawasan yang disosialisasikan kepada
pendidik dan tenaga kependidikan.
A.
Memiliki 4
atau lebih dokumen program pengawasan
B.
Memiliki 3
dokumen program pengawasan
C.
Memiliki 2
dokumen program pengawasan
D.
Memiliki 1
dokumen program pengawasan
E.
Tidak
memiliki dokumen program pengawasan
|
Dokumen
program pengawasan: 1. Pemantuan
2. supervisi
3. evaluasi
4. pelaporan
5. tindak lanjut
6. bukti
sosialisasi program
mengacu permendiknas
19 th 2007
|
Jumlah dokumen program pengawasan
|
|||||
106
|
Sekolah/Madrasah
melaksanakan kegiatan evaluasi diri.
A.
B.
Melaksanakan
evaluasi diri sekali dalam 2 semester
C.
Melaksanakan
evaluasi diri sekali dalam 3 semester
D.
Melaksanakan
evaluasi diri sekali dalam 4 semester
E.
|
1. Dokumen
EDS
2. laporan hasil EDS
|
Frekuensi
pelaksanaan EDS
Laporan
kinerja tahunan.
|
|||||
107
|
Sekolah/Madrasah
melaksanakan evaluasi kinerja pendidik dan tenaga kependidikan.
A.
B.
C.
D.
E.
Tidak
melakukan program evaluasi kinerja pendidik dan tenaga kependidikan
|
Laporan evaluasi kinerja pendidik dan tenaga
kependidikan meliputi:
1.
kesesuaian penugasan dengan
keahlian / ijazah
2.
keseimbangan beban kerja
(
kesesuaian jumlah jam mengajar )
3.
kinerja pendidik dan tenaga
kependidikan dalam pelaksanaan tugas
(cont :
Dokumen supervisi dan DP 3 )
4.
pencapaian prestasi pendidik
dan tenaga kependidikan (conth : Catatan prestasi dan promosi )
|
Jumlah
pelaksanaan program evaluasi kinerja pendidik dan tenaga kependidikan.
Bukti fisik
proses penilaian DP3
|
|||||
108
|
Sekolah/Madrasah
mempersiapkan unsur-unsur pelaksanaan akreditasi.
A.
Mempersiapkan
4 unsur pelaksanaan akreditasi
B.
Mempersiapkan
3 unsur pelaksanaan akreditasi
C.
Mempersiapkan
2 unsur pelaksanaan akreditasi
D.
Mempersiapkan
1 unsur pelaksanaan akreditasi
E.
Tidak
mempersiapkan 1 unsur pun pelaksanaan akreditasi
F.
|
1.
Instrumen akreditasi, petunjuk
tekhnis, tekhnik penskoran, instrumen pengumpul data,
informasi pendukung
2.
SK Tim pelaksana
persiapan akreditasi
3.
Bukti fisik non dokumen
4.
Sarana prasarana yang dibutuhkan akreditasi
|
Jumlah
aspek/unsur pelaksanaan akreditasi
|
|||||
109
|
Kepala
Sekolah/Madrasah melaksanakan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi)
kepemimpinan sesuai dengan standar yang telah ditentukan.
A.
Melaksanakan
15 — 18 tupoksi kepemimpinan kepala sekolah/madrasah
B.
Melaksanakan
11 — 14 tupoksi kepemimpinan kepala sekolah/madrasah
C.
Melaksanakan
6 — 10 tupoksi kepemimpinan kepala sekolah/madrasah
D.
Melaksanakan
1 — 5 tupoksi kepemimpinan kepala sekolah/madrasah
E.
|
Buku Agenda kerja
kepala sekolah yang berisi tentang pelaksanaan tupoksi kepala sekolah (18
tupoksi )
Permendiknas
no 11 thn 2009 ..atau permendiknas No 19 thn 2007
|
Jumlah tupoksi kepemimpinan yang dilaksanakan kepala
sekolah
|
|||||
110
|
Sekolah/Madrasah
memiliki sistem informasi manajemen untuk mendukung
administrasi pendidikan.
A.
B.
C.
D.
E.
|
a. SK Kepala sekolah Tenaga
khusus yang mengelola informasi
b. Fasilitas
TI (software dan
hardware)
c. Dokumen sistem informasi manual :
1. Data kesiswaan
2. Data kepegawaian
3. Dsb
|
Kepemilikan
fasilitas dan petugas khusus
|
Rabu, 15 Oktober 2014
06 STANDAR PENGELOLAAN
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar