STANDAR PROSES
No. Butir
|
Bukti Fisik
|
Substanasi
|
19, Setiap mata
pelajaran memiliki RPP yang dijabarkan dari silabus.
|
Silabus dan RPP semua kelas
/ mata pelajaran.
|
Secara mandiri setiap RPP harus memuat :
1) identitas mata pelajaran; 2) standar kompetensi (SK); 3) kompetensi dasar (KD) dari silabus yang akan dicapai; 4) indikator pencapaian kompetensi; 5) tujuan pembelajaran; 6) materi ajar; 7) alokasi waktu yang diperlukan; 8) pendekatan dan metode pembelajaran; 9) kegiatan pembelajaran; 10) penilaian hasil belajar; dan 11) sumber belajar. 12 ) media pembelajaran 13) Pengembangan nilai karakter dan kewirausahaan RPP yang tidak sesuai silabus : - tidak ada indicator - Kegiatan pembelajaranya sama - Pendidikan nilai karakter semua ditulis |
Bukti kelengkapan RPP :
No
|
Kelas
|
Agama
|
PKn
|
BI
|
Mat
|
IPA
|
IPS
|
SBK
|
Penjas
|
BJ
|
B Ing
|
1
|
I
|
||||||||||
2
|
II
|
||||||||||
3
|
III
|
||||||||||
4
|
IV
|
||||||||||
5
|
V
|
||||||||||
6
|
VI
|
||||||||||
7
|
Jml
|
||||||||||
Catatan :
Jika ada bukti fisik, diisi dengan centang (V)
No. Butir
|
Bukti Fisik
|
Substansi
|
20
RPP disusun
dengan memperhatikan 6 prinsip penyusunan
|
RPP semua kelas / mata pelajaran | Setiap
RPP harus ada enam (6) prinsip
penyusunan RPP yaitu:
1) memperhatikan perbedaan individu siswa; 2) mendorong partisipasi aktif siswa; 3) mengembangkan budaya membaca dan menulis; 4) memberikan umpan balik dan tindak lanjut; dan 5) keterkaitan dan keterpaduan antara SK, KD, materi, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar. 6) menerapkan teknologi informasi dan komunikasi. Ada titimangsa, tandatangan guru ybs,dan kep. Sek, Cap sekolah. |
Bukti penyusunan RPPdengan 6 prinsip :
No
|
Kelas
|
Agama
|
PKn
|
BI
|
Mat
|
IPA
|
IPS
|
SBK
|
Penjas
|
BJ
|
B Ing
|
1
|
I
|
||||||||||
2
|
II
|
||||||||||
3
|
III
|
||||||||||
4
|
IV
|
||||||||||
5
|
V
|
||||||||||
6
|
VI
|
||||||||||
7
|
Jml
|
||||||||||
Catatan :
Jika ada bukti fisik, diisi dengan centang (V)
No. Butir
|
Bukti Fisik
|
Substansi
|
21
.Sekolah/Madrasah
melaksanakan proses pembelajaran dengan memenuhi persyaratan yang ditentukan.
|
1. Lapor
bulan
2. Pembagian Tugas Mengajar 3. Daftar Inventaris Buku di Kelas 4. Notulen Rapat (Penentuan Buku Teks) 5. Buku kunjungan ke perpustakaan 1. Notula rapat 2. Pembagian tugas 3. Jadwal pelajaran 4. Jurnal harian / kegiatan harian 5. Daftar inventaris buku di kelas 6. Buku kunjungan ke perpustakaan 7. Lapor bulan 8. DLPK |
Persyaratan pelaksanaan proses pembelajaran meliputi:
1) rombongan belajar SD/MI maksimal 28 siswa; 2) beban mengajar guru sekurang-kurangnya 24 jam tatap muka dalam satu minggu; 3) Buku teks pelajaran mengikuti ketentuan: a. buku teks pelajaran yang akan digunakan oleh sekolah/madrasah dipilih melalui rapat guru dengan pertimbangan komite sekolah/madrasah dari buku teks pelajaran yang ditetapkan oleh Menteri; b. rasio buku teks pelajaran untuk siswa adalah 1 : 1 per mata pelajaran; c. selain buku teks pelajaran, guru menggunakan buku panduan guru, buku pengayaan, buku referensi dan sumber belajar lainnya; d. guru membiasakan siswa menggunakan buku-buku dan sumber belajar lain yang ada di perpustakaan sekolah/madrasah. 4) Pengelolaan kelas mengikuti kaidah: a. guru mengatur tempat duduk sesuai dengan karakteristik siswa dan mata pelajaran, serta aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan; b. volume dan intonasi suara guru dalam proses pembelajaran harus dapat didengar dengan baik oleh siswa; c. tutur kata guru santun dan dapat dimengerti oleh siswa; d. guru menyesuaikan materi pelajaran dengan kecepatan dan kemampuan belajar siswa; e. guru menciptakan ketertiban, kedisiplinan, kenyamanan, keselamatan, dan kepatuhan pada peraturan dalam menyelenggarakan proses pembelajaran; f. guru memberikan penguatan dan umpan balik terhadap respons dan hasil belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung; g. guru menghargai siswa tanpa memandang latar belakang agama, suku, jenis kelamin, dan status sosial ekonomi; h. guru menghargai pendapat siswa; i. guru memakai pakaian yang sopan, bersih, dan rapi; j. pada tiap awal semester, guru menyampaikan silabus mata pelajaran yang diajarkannya; dan k. guru memulai dan mengakhiri proses pembelajaran sesuai dengan waktu yang dijadwalkan. |
Rombongan Belajar dan Beban Mengajar
No.
|
Kelas / Persyaratan
|
I
|
II
|
III
|
IV
|
V
|
VI
|
A
|
Rombel
maksimal 28 anak
|
||||||
B
|
Beban mengajar guru minimal 24 jam |
Rasio buku teks pelajaran 1 : 1
No
|
Kelas
|
Jml Siswa
|
Agama
|
PKn
|
BI
|
Mat
|
IPA
|
IPS
|
SBK
|
Penjas
|
BJ
|
B Ing
|
1
|
I
|
|||||||||||
2
|
II
|
|||||||||||
3
|
III
|
|||||||||||
4
|
IV
|
|||||||||||
5
|
V
|
|||||||||||
6
|
VI
|
|||||||||||
7
|
Jml
|
|||||||||||
Jika ada bukti fisik, diisi dengan centang (V)
Selain buku teks pelajaran:
Kelas / Buku yang Digunakan |
I
|
II
|
III
|
IV
|
V
|
VI
|
buku panduan guru | ||||||
buku pengayaan | ||||||
buku referensi | ||||||
sumber belajar lainnya |
No. Butir
|
Bukti Fisik
|
Substansi
|
22
Proses pembelajaran di sekolah/madrasah
dilaksanakan sesuai denganlangkah-langkah pembelajaran
|
1. RPP
2. Jurnal harian 3. Pengamatan Pelaksanaan Pembelajaran |
Pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan langkah-langkah
pembelajaran, yaitu:
1) Kegiatan pendahuluan. Dalam kegiatan pendahuluan, guru: a. menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran; b. mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari; c. menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; d. menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus. 2) Kegiatan inti (eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi). A. EKSPLORASI Dalam kegiatan eksplorasi, guru: a. melibatkan siswa mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber; b. menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran dan sumber belajar lain; c. memfasilitasi terjadinya interaksi antarsiswa serta antara siswa dengan guru, lingkungan dan sumber belajar lainnya; d. melibatkan siswa secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan e. memfasilitasi siswa melakukan percobaan di laboratorium, studio atau lapangan. B. ELABORASI Dalam kegiatan elaborasi, guru: a. membiasakan siswa membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna; b. memfasilitasi siswa melalui pemberian tugas, diskusi dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis; c. memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah dan bertindak tanpa rasa takut; d. memfasilitasi siswa dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif; e. memfasilitasi siswa berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar; f. memfasilitasi siswa membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis secara individual maupun kelompok; g. memfasilitasi siswa untuk menyajikan hasil kerja secara individual maupun kelompok. h. memfasilitasi siswa melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan; i. memfasilitasi siswa melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri siswa. C. KONFIRMASI Dalam kegiatan konfirmasi, guru: 1. memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan siswa; 2. memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi siswa melalui berbagai sumber; 3. memfasilitasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan; 4. memfasilitasi siswa untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar: a) berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan siswa yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar; b) membantu menyelesaikan masalah; c) memberi acuan agar siswa dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi; d) memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh; dan e) memberikan motivasi kepada siswa yang kurang atau belum berpartisipasi aktif. 3) Kegiatan Penutup Dalam kegiatan penutup, guru: a. bersama-sama dengan siswa dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran; b. melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram; c. memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; d. merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar siswa; e. menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya. |
Langkah-langkah Pembelajaran
Kelas
|
Pendahuluan
|
Inti
|
Penutup
|
Ket
|
||
Eksplorasi
|
Elaborasi
|
Konfirmasi
|
||||
I
|
||||||
II
|
||||||
III
|
||||||
IV
|
||||||
V
|
||||||
VI
|
No. Butir
|
Bukti Fisik
|
Substansi
|
23
Sekolah/Madrasah
melaksanakan pembelajaran melalui pendekatan tematik untuk kelas I - III.
|
1.Dokumen KTSP yang mencantumkan pembelajaran menggunakan pendekatan
tematik pada kelas I - III.
RPP Tematik. 2. Silabus 3. RPP |
KTSP , silabus, RPP yang mencantumkan
pembelajaran Tematik
Observasi Kelas yang menggunakan pendekatan tematik pada kelas I - III. |
No. Butir
|
Bukti Fisik
|
Substansi
|
24
Sekolah/Madrasah
melaksanakan pembelajaran melalui pendekatan matapelajaran untuk kelas IV -
VI.
|
Dokumen
KTSP yang mencantumkan pembelajaran menggunakan pendekatan mata pelajaran
pada kelas IV - VI.
|
Dokumen dan Obesrvasi Kelas yang menggunakan pendekatan mapel pada kelas IV - VI. |
23 dan 24
Kelas
|
PENDEKATAN
|
||
TEMATIK
|
MATA PELAJARAN
|
LAIN-LAIN
|
|
No. Butir
|
Bukti Fisik
|
Substansi
|
25
Pemantauan
proses pembelajaran dilakukan oleh kepala sekolah/madrasah mencakup tahap
perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap penilaian hasil pembelajaran.
|
Guru
kelas I s.d kelas VI dalam kegiatan pembelajaran yang dipantau oleh KS.
1. Program pemantauan 2. Pelaksanaan Pemantauan 3. Catatan hasil diskusi 4. Laporan pemantauan |
1.
Dokumen perencanaan pemantauan
oleh KS
2. Dokumen pelaksanaan pemantauan oleh KS 3. Dokumen hasil danLaporan Pemantauan dalam pembelajaran dan catatan oleh KS 4. Tanda tangan guru yang dipantau oleh KS |
PROGRAM PEMANTAUAN PEMBELAJARAN
TAHUN AJARAN ........
NO
|
ASPEK YG DIPANTAU
|
TUJUAN
|
SASARAN
|
TARGET
|
WAKTU
|
1 | Silabus | Silabus dibuat sesuai panduan BSNP | Gurukelas dan guru mata pelajaran | Dokumen silabus sesuai panduan | Awal tahun ajaran |
2 | RPP | RPP dijabarkan dari silabus dan sesuai standar proses | Gurukelas dan guru mata pelajaran | Dokumen RPP sesuai standar proses | Awal tahun ajaran |
3 | Pelaksanaan pembelajaran | Pelaksanaan pembelajaran sesuai RPP | Gurukelas dan guru mata pelajaran | Proses pembelajaran sesuai RPP | Setiap sem 1 dan 2 |
4 | Penilaian | Pelaksanaan penilaian sesuai program
|
Gurukelas dan guru mata pelajaran | Penilaian sesuai standar penilaian | Pada sem 1 dan 2 dan akhir sem1 dan 2 |
5 | Kegiatan ekstrakurikuler | Program dan pelaksanaan ekstra kurikuler sesuai bakat dan minat siswa | Guru pembimbing kegiatan ekstrakurikuler | Kegiatan ekstra sesuai potensi siswa | Pada sem 1 dan 2 |
.........................., ....................................
Mengetahui, Kepala Sekolah,
Pengawas,
PelaksanaanPemantauan
JADWAL PEMANTAUAN SEMESTER I
TAHUN .............
No
|
Sasaran
|
Aspek yang
|
Juli
|
Agustus
|
Septmber
|
Oktober
|
|||||||||||||
Dipantau
|
|||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
1
|
Guru Kelas I | 1. Adm. KBM | |||||||||||||||||
2. Pengel. Kl. | |||||||||||||||||||
3. Pembelajaran | |||||||||||||||||||
a. PKn | |||||||||||||||||||
b. B. Ind. | |||||||||||||||||||
c. Mtmtk | |||||||||||||||||||
d. IPA | |||||||||||||||||||
e. IPS | |||||||||||||||||||
f. PJOK | |||||||||||||||||||
g. Kertangkes | |||||||||||||||||||
h. Mulok | |||||||||||||||||||
i. Pengemb. diri | |||||||||||||||||||
4. UH/UTS/UAS/UKK | |||||||||||||||||||
2, dst
|
II, dst | S.d.a | |||||||||||||||||
7
|
Gr. PJOK | ||||||||||||||||||
8
|
Pustakawan | 1. Program Perpst | |||||||||||||||||
2. Pengelp Buku | |||||||||||||||||||
3. Katalog buku | |||||||||||||||||||
4. Dst. | |||||||||||||||||||
9
|
Tenaga Admst | ||||||||||||||||||
10
|
Penjaga malam | ||||||||||||||||||
11
|
Tukang kebun | ||||||||||||||||||
12
|
Pesuruh | ||||||||||||||||||
13
|
Satpam |
Mengetahui Pengawas, Kepala Sekolah
JADWAL PEMANTAUAN SEMESTER II
TAHUN .............
No
|
Sasaran
|
Aspek yang Dipantau
|
|||||||||||||||||
Januari
|
Februari |
Maret
|
April
|
||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
1
|
Guru Kelas I
|
5. Adm. KBM | |||||||||||||||||
6. Pengel. Kl. | |||||||||||||||||||
7. Pembelajaran | |||||||||||||||||||
j. PKn | |||||||||||||||||||
k. B. Ind. | |||||||||||||||||||
l. Mtmtk | |||||||||||||||||||
m. IPA | |||||||||||||||||||
n. IPS | |||||||||||||||||||
o. PJOK | |||||||||||||||||||
p. Kertangkes | |||||||||||||||||||
q. Mulok | |||||||||||||||||||
r. Pengemb. diri | |||||||||||||||||||
8. Uh/UTS/UAS/UKK | |||||||||||||||||||
2, dst
|
II, dst
|
S.d.a | |||||||||||||||||
7
|
Gr. PJOK
|
||||||||||||||||||
8
|
Pustakawan
|
5. Program Perpst | |||||||||||||||||
6. Pengelp Buku | |||||||||||||||||||
7. Katalog buku | |||||||||||||||||||
8. Dst. | |||||||||||||||||||
9
|
Tenaga Admst | ||||||||||||||||||
10
|
Penjaga malam | ||||||||||||||||||
11
|
Tukang kebun | ||||||||||||||||||
12
|
Pesuruh | ||||||||||||||||||
13
|
Security |
Mengetahui Pengawas, Kepala Sekolah,
PELAKSANAAN PEMANTAUAN SEMESTER I/II
TAHUN ................
No
|
Hr/Tgl
|
Nama Guru/Staf
|
Uraian Pemantauan
|
Temuan Positif
|
Temuan Negatif
|
Tanda tangan
|
|
Gr/Staf
|
Kep. Sek.
|
||||||
LAPORAN PELAKSANAAN PEMANTAUAN SEMESTER I/II
TAHUN .............
No.
|
Nama Guru/Staf
|
Uraian Pemantauan
|
Hasil Pemantauan
|
Keterangan
|
|
Positif
|
Negatif
|
||||
No. Butir
|
Bukti Fisik
|
Substansi
|
26
Supervisi
proses pembelajaran dilakukan oleh kepala sekolah/madrasahdengan cara pemberian
contoh, diskusi, pelatihan, dan konsultasi.
|
Dokumen supervisi proses pembelajaran oleh
KS
1. Program supervisi proses pembelajaran oleh KS . 2. Buku supervisi kelas yang dimilki guru ( Pelaksanaan supervisi proses Pembelajaran) 3. Rekap hasil supervisi proses pembelajaran oleh Ks |
Catatan Supervisi proses pembelajaran oleh KS yang ditindak lanjuti dengan:
: pemberian contoh, diskusi, pelatihan, dan konsultasi. |
Dokumen supervisi proses pembelajaran oleh KS
No
|
Hari / Tanggal
|
Nama Guru
|
Cara yang Dilakukan
|
Ket
|
|||
Pemberian Contoh
|
Diskusi
|
Pelatihan
|
Konsultasi
|
||||
No. Butir
|
Bukti Fisik
|
Substansi
|
27
Evaluasi
terhadap guru dalam proses pembelajaran dilakukan oleh kepalasekolah/madrasah
dengan memperhatikan 4 aspek, yaitu: (1) persiapan,(2) pelaksanaan, (3)
evaluasi pembelaj, dan (4) rencana tindaklanjut.
|
Catatan
hasil evaluasi proses pembelajaran guru
oleh KS.
1. Program evaluasi terhadap guru dalam proses pembelajaran oleh KS 2. Dokumen nilai guru dalam proses pembelajaran |
Evaluasi proses pembelajaran memperhatikan 4 aspek :
1. Persiapan 2. Pelaksanaan 3. Evaluasi proses pembelajaran 4. Rencana Tindak Lanjut : |
Dokumen evaluasi proses pembelajaran oleh KS
No
|
Hari / Tanggal
|
Nama Guru
|
Aspek dalam proses pembelajaran
|
Ket
|
|||
Persiapan
|
Pelaksanaan
|
Evaluasi
|
Rencana Tindak Lanjut
|
||||
No. Butir
|
Bukti Fisik
|
Substansi
|
28
Kepala sekolah/
madrasah menyampaikan hasil pengawasan proses pembelajaran kepada pemangku kepentingan.
|
Dokumen laporan kompetensi guru.
Dokumen laporan hasil pengawasan oleh Kepala Sekolah |
Penyampaian / laporan ditujukan kepada :
1. Guru yang bersangkutan 2. Dewan Guru 3. Pengawas sekolah 4. Komite sekolah Hasil pengawasan meliputi : 1. Hasil pemantauan 2. Hasil supervise 3. Hasil Evaluasi |
Dokumen evaluasi proses pembelajaran oleh KS
No
|
Hari / Tanggal
|
Nama
GuruKompetensi
|
Disampaikan kepada |
Tanggal
|
Tanda Tangan
|
Guru yang bersangkutan | |||||
Dewan Guru | |||||
Pengawas | |||||
Komite sekolah |
No. Butir
|
Bukti Fisik
|
Substansi
|
29
Kepala sekolah/
madrasah melakukan tindak lanjut terhadap hasil pengawasan proses pembelajaran
|
1. Program tindak lanjut
2. Dokumen hasil tindak lanjut dari pengawasan proses pembelajaran 3. Aturan pemberian penghargaan / tata tertib ( bukti pemberian penghargaan ) |
Dokumen tindak lanjut meliputi:
a. pemberian penghargaan terhadap guru yang telah memenuhi standar, dan/atau b. pemberian teguran yang bersifat mendidik terhadap guru yang belum memenuhi standar, dan/atau c. pemberian kesempatan para guru untuk mengikuti pelatihan/penataran. |
Hasil tindak lanjut dari pengawasan proses pembelajaran
No.
|
Nama Guru
|
Hasil Pengawasan
|
Bentuk Tindak Lanjut
|
Persentase
|
|
||||
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar