Rabu, 15 Oktober 2014

04 STANDAR PTK

 
 
 
 
NO
BUTIR INSTRUMEN
BUKTI FISIK
SUBTANSI MATERI BUKTI FISIK
47
Guru memiliki kualifikasi akademik minimum.
A. Sebanyak 91% — 100% guru berpendidikan minimum S1/DIV PGSD/PGMI
B. Sebanyak 51% — 75% guru berpendidikan minimum S1/DIV PGSD/PGMI
C. Sebanyak 76% — 100% guru berpendidikan setingkat DII PGSD/PGMI
D. Sebanyak 51% — 75% guru berpendidikan setingkat DII PGSD/PGMI
E. Kurang dari 51% guru berpendidikan setingkat atau di bawah DII PGSD/PGMI
Dokumen Fotokopi ijazah semua guru.
Persentase guru yang memiliki Ijazah/sertifikat atau akta terakhir semua guru.
48
Guru agama, guru pendidikan jasmani, dan guru kesenian mengajar sesuai dengan latar belakang pendidikannya.
A. Ketiga mata pelajaran diajarkan oleh guru yang sesuai dengan latar belakang pendidikannya
B. Hanya 2 mata pelajaran diajarkan oleh guru yang sesuai dengan latar belakang pendidikannya
C. Hanya 1 mata pelajaran diajarkan oleh guru yang sesuai dengan latar belakang pendidikannya
D. Tidak ada guru yang sesuai dengan mata pelajaran, tetapi diajarkan oleh tenaga dari institusi lain yang relevan.
E. Ketiga mata pelajaran diajarkan oleh guru kelas
Dokumen Fotokopi Ijazah Guru Pendidikan Agama, Guru pendidikan Penjas Orkes dan Guru Kesenian
Kesesuaian antara latar belakang pendidikan dengan mata pelajaran yang diampu.
49
Guru memiliki kompetensi pedagogik sesuai dengan prinsip-prinsip pembelajaran.
A. Sebanyak 91 % — 100% guru memiliki kompetensi pedagogik sesuai dengan prinsip-prinsip pembelajaran
B. Sebanyak 51% — 75% guru memiliki kompetensi pedagogik sesuai dengan prinsip-prinsip pembelajaran
C. Sebanyak 26% — 50% guru memiliki kompetensi pedagogik sesuai dengan prinsip-prinsip pembelajaran
D. Sebanyak 1% — 25% guru memiliki kompetensi pedagogik sesuai dengan prinsip-prinsip pembelajaran
E. Tidak ada guru yang memiliki kompetensi pedagogik sesuai dengan prinsip-prinsip pembelajaran
Dokumen kesesuaian antara perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran :Prota, promes,
Silabus, , RPP, dan penilaian.
Persentase jumlah guru yang memiliki kompetensi pedagogik
(Kesesuaian antara perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran)
50
Guru memiliki kompetensi kepribadian sebagai agen pembelajaran.
A. Sebanyak 76% — 100% guru memiliki kompetensi kepribadian
B. Sebanyak 51% — 75% guru memiliki kompetensi kepribadian
C. Sebanyak 26% — 50% guru memiliki kompetensi kepribadian
D. Sebanyak 1% — 25% guru memiliki kompetensi kepribadian
E. Tidak ada guru yang memiliki kompetensi kepribadian
1. Catatan Kepala sekolah tentang kepribadian guru dan catatan kasus.
2. Buku Pengaduan masyarakat.
3. Menggali info teman sejawat
4. Menggali info dari siswa
.
Persentase kepemilikan kompetensi kepribadian
51
Guru berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat.
A. Adanya dialog dalam rapat dewan guru, rapat antara guru dan kepala sekolah/madrasah, guru dan komite sekolah/madrasah, serta pertemuan antara guru dan orangtua siswa
B. Adanya dialog dalam rapat dewan guru, rapat antara guru dan kepala sekolah/madrasah, serta guru dan komite sekolah/madrasah
C. Adanya dialog dalam rapat dewan guru serta rapat antara guru dan kepala sekolah/madrasah
D. Adanya dialog dalam rapat dewan guru
E. Tidak pernah diadakan rapat
dokumen undangan,daftar hadir, dan notulen (risalah) rapat dewan guru. Komite,orang tua siswa.
Keterlibatan guru dalam rapat
52
Guru memiliki kesehatan jasmani dan rohani untuk menjalankan tugas mengajar dan tugas lainnya.
A. Rata-rata kehadiran guru 96% — 100% untuk menjalankan tugas mengajar dan tugas lainnya
B. Rata-rata kehadiran guru 91% — 95% untuk menjalankan tugas mengajar dan tugas lainnya
C. Rata-rata kehadiran guru 86% — 90% untuk menjalankan tugas mengajar dan tugas lainnya
D. Rata-rata kehadiran guru 81% — 85% untuk menjalankan tugas mengajar dan tugas lainnya
E. Rata-rata kehadiran guru kurang dari 81% untuk menjalankan tugas mengajar dan tugas lainnya
Dokumen daftar hadir yang menunjukkan rata-rata jumlah kehadiran seluruh guru dalam waktu satu Semester
Persentase kehadiran guru
53
Kepala sekolah/madrasah berstatus sebagai guru, memiliki sertifikat pendidik, dan Surat Keputusan (SK) sebagai kepala sekolah/madrasah.
A. Berstatus sebagai guru, memiliki sertifikat pendidik, dan memiliki SK sebagai kepala sekolah/madrasah
B. Berstatus sebagai guru, memiliki sertifikat pendidik, tetapi tidak memiliki SK sebagai kepala sekolah/madrasah
C. Berstatus sebagai guru, tidak memiliki sertifikat pendidik, tetapi memiliki SK sebagai kepala sekolah/madrasah
D. Berstatus sebagai guru, tidak memiliki sertifikat pendidik, tidak memiliki SK sebagai kepala sekolah/ madrasah
E. Tidak berstatus sebagai guru, tidak memiliki sertifikat pendidik, dan tidak memiliki SK sebagai kepala sekolah/madrasah
1. Dokumen Surat Keputusan (SK) sebagai guru,kepala Sekolah dari yayasan/penyelenggara pendidikan atau pemerintah 2.sertifikat pendidik,
2. Jadwal mengajar
3. SK Pembagian tugas mengajar dan bimbingan
Kejelasan status Kepala Sekolah
54
Kepala Sekolah/Madrasah memiliki kualifikasi akademik minimum sarjana ( S 1 ) atau Diploma Empat ( D IV )
A Memiliki kualifikasi akademik S1 atau D-IV PGSD/PGMI, dari
perguruan tinggi terakreditasi, dan memiliki sertifikat pendidik
B Memiliki kualifikasi akademik S1 atau D-IV PGSD/PGMI, dari perguruan tinggiterakreditasi, tetapi tidak memiliki sertifikat pendidik
C. Memiliki kualifikasi akademik berpendidikan S1 atau D-IV kependidikan nonPGSD/PGMI, dari perguruan tinggi terakreditasi, tetapi tidak memiliki sertifikatpendidik
D. Memiliki kualifikasi akademik berpendidikan S1 atau D-IV nonkependidikan, dari perguruan tinggi tidak terakreditasi, dan tidak memiliki sertifikat pendidik
E. Tidak memiliki kualifikasi akademik yang dipersyaratkan
Jawaban dibuktikan dengan dokumenfotokopi ijazah Kepala Sekolah/ Madrasah, dan sertifikat pendidik.
Dokumen Ijazah S1 dari perguruan tinggi yang terakreditasi
55
Kepala sekolah/madrasah memiliki pengalaman mengajar sekurangkurangnya 5 tahun
A. Memiliki pengalaman mengajar 5 tahun atau lebih
B. Memiliki pengalaman mengajar 3 — 4 tahun
C. Memiliki pengalaman mengajar 2 — 3 tahun
D. Memiliki pengalaman mengajar 1 — 2 tahun
E. Memiliki pengalaman mengajar kurang dari 1 tahun
1. Surat Keputusan Pengangkatan sebagai guru
2. Surat Keputusan Pengangkatan sebagai Kepala Sekolah
Masa kerja sebagai guru minimal 5 tahun
56
Kepala sekolah/madrasah memiliki kompetensi kepribadian.
A. memiliki kompetensi kepribadian yang meliputi 6 unsur
B. memiliki kompetensi kepribadian yang meliputi 4 — 5 unsur
C. memiliki kompetensi kepribadian yang meliputi 2 — 3 unsur
D. memiliki kompetensi kepribadian hanya 1 unsur
E. tidak memiliki kompetensi kepribadian
Catatan prestasi kepala sekolah,sekolah,dokumen program dan hasil pengembangan sekolah dan DP3 Kepala Sekolah
Kompetensi kepribadian Kepala Sekolah
57
Kepala sekolah/madrasah memiliki kemampuan manajerial yang ditunjukkan dengan keberhasilan mengelola siswa.
A. Sebanyak 91 %— 100% lulusan diterima di sekolahlanjutan pertama terakreditasi A pada 3 tahun terakhir
B. Sebanyak 51% — 75% lulusan diterima di sekolah lanjutan pertama terakreditasi A pada 3 tahun terakhir
C. Sebanyak 26% — 50% lulusan diterima di sekolah lanjutan pertama terakreditasi A pada 3 tahun terakhir
D. Sebanyak 1% — 25% lulusan diterima di sekolah lanjutan pertama terakreditasi A pada 3 tahun terakhir
E. Tidak ada lulusan yang diterima di sekolah lanjutan pertama terakreditasi pada 3 tahun terakhir
Dokumen data kelulusan yang diterima di SMP/MTs terakreditasi A pada 3 Tahun Terakhir. Dilihat di buku administrasi guru S.18
Dokumen data kelulusan yang diterima di SMP terakreditasi A.
Rata-rata siswa yang diterima di SMP/MTs terakreditasi A pada 3 Tahun Terakhir.
58
Kepala sekolah/madrasah memiliki kemampuan kewirausahaan yang ditunjukkan antara lain dengan adanya naluri kewirausahaan dalam mengelola kegiatan produksi/jasa sebagai sumber belajar siswa.
A. Mampu mengelola kegiatan produksi/jasa yang cukup untuk membiayai 76% — 100% biaya kegiatan ekstrakurikuler secara mandiri
B. Mampu mengelola kegiatan produksi/jasa yang cukup untuk membiayai 51% — 75% biaya kegiatan ekstrakurikuler secara mandiri
C. Mampu mengelola kegiatan produksi/jasa yang cukup untuk membiayai 26% — 50% biaya kegiatan ekstrakurikuler secara mandiri
D. Mampu mengelola kegiatan produksi/jasa yang cukup untuk membiayai 1% — 25% biaya kegiatan ekstrakurikuler secara mandiri
E. Tidak mampu mengelola kegiatan produksi/jasa
1. RKAS/M
2. Catatan keuntungankegiatan produksi/jasa/koperasi sekolah,kantin dan lainnya.
3. Catatan biaya dari hasil usaha untuk kegiatan ekstrakurikuler.
Persentasi kegiatan ekstra kurikuler yang dibiayai dari kegiatan produksi/jasa.
59
Kepala sekolah/madrasah memiliki kemampuan bekerjasama dengan pihak lain untuk kepentingan sekolah/madrasah,berpartisipasi dalam kegiatan sosial kemasyarakatan, dan memiliki kepekaan sosial terhadap orang atau kelompok lain.
A. Mampu bekerjasama dengan 4 pihak atau lebih
B. Mampu bekerjasama dengan 3 pihak
C. Mampu bekerjasama dengan 2 pihak
D. Mampu bekerjasama dengan 1 pihak
E. Tidak mampu bekerjasama dengan pihak manapun
- Dokumen surat perjanjian kerja sama (MOU) dengan lembaga lain untuk kepentingan sekolah/madrasah.
- Dokumen hasil kerjasama
Kerjasama dengan pihak lain
60
Kepala sekolah/madrasah melakukan supervisi dan monitoring.
A. Melakukan supervisi dan monitoring secara terencana dengan implementasi sebanyak 91 % — 100% dari kegiatan monitoring yang direncanakan
B. Melakukan supervisi dan monitoring secara terencana dengan implementasi sebanyak 51% — 75% dari kegiatan monitoring yang direncanakan
C. Melakukan supervisi dan monitoring secara terencana dengan implementasi sebanyak 26% — 50% dari kegiatan monitoring yang direncanakan
D. Melakukan supervisi dan monitoring secara terencana dengan implementasi sebanyak 1% — 25% dari kegiatan monitoring yang direncanakan
E. Tidak melakukan supervisi dan monitoring
1. Rencana/program supervisi dan monitoring
2. Pelaksanaan supervisi dan monitoring
3. Catatan tindaklanjut supervisi dan monitoring
Persentasi pelaksanaan kegiatan supervisi dan monitoring sesuai dengan program minimal dua kali dlm satu semester tiap guru.
61
Tenaga administrasi minimum memiliki kualifikasi akademik pendidikan menengah atau yang sederajat.
A. Sekolah/Madrasah memiliki tenaga adminstrasi lebih dari seorang yang memiliki kualifikasi pendidikan menengah atau sederajat
B. Sekolah/Madrasah memiliki tenaga adminstrasi lebih dari seorang tetapi tidak semua memiliki kualifikasi pendidikan menengah atau sederajat
C. Sekolah/Madrasah memiliki tenaga adminstrasi 1 orang yang memiliki kualifikasi pendidikan menengah atau sederajat, atau lebih dari 1 orang tetapi semuanya tidak memiliki kualifikasi pendidikan menengah atau sederajat
D. Sekolah/Madrasah memiliki tenaga adminstrasi 1 orang tetapi tidak memiliki kualifikasi pendidikan menengah atau sederajat
E. Tidak ada tenaga administrasi
1. Dokumen fotokopi ijazah
2. Data petugas administrasi
3. SK pengangkatan petugas adsministrasi
Jumlah tenaga Administrasi dan kualifikasi pendidikian
62
Tenaga administrasi memiliki latar belakang pendidikan sesuai dengan tugasnya.
A. Sekolah/Madrasah memiliki tenaga adminstrasi lebih dari seorang yang semuanya memiliki latar belakang pendidikan sesuai dengan tugasnya
B. Sekolah/Madrasah memiliki tenaga adminstrasi lebih dari seorang tetapi tidak semua memiliki latar belakang pendidikan sesuai dengan tugasnya
C. Sekolah/Madrasah memiliki tenaga adminstrasi 1 orang yang memiliki latar belakang pendidikan sesuai dengan tugasnya, atau lebih dari 1 orang tetapi semuanya tidak memiliki latar belakang pendidikan sesuai dengan tugasnya
D. Sekolah/Madrasah memiliki tenaga adminstrasi 1 orang tetapi tidak memiliki latar belakang pendidikan sesuai dengan tugasnya
E. Tidak ada tenaga administrasi
1. Foto copy Ijazah
2. Data tenaga Administrasi
3. SK Penugasan
Jumlah tenaga administrasi dan kualifikasi pendidikan
63
Tenaga perpustakaan minimum memiliki kualifikasi akademik pendidikan menengah atau yang sederajat.
A. Sekolah/Madrasah memiliki tenaga perpustakaan lebih dari seorang yang semuanya memiliki kualifikasi pendidikan menengah atau sederajat
B. Sekolah/Madrasah memiliki tenaga perpustakaan lebih dari seorang tetapi tidak semua memiliki kualifikasi pendidikan menengah atau sederajat
C. Sekolah/Madrasah memiliki tenaga perpustakaan 1 orang yang memiliki kualifikasi pendidikan menengah atau sederajat, atau lebih dari 1 orang tetapi tidak memiliki kualifikasi pendidikan menengah atau sederajat
D. Sekolah/Madrasah memiliki tenaga perpustakaan 1 orang tetapi tidak memiliki kualifikasi pendidikan menengah atau sederajat
E. Tidak ada tenaga perpustakaan
Dokumen Fotokopi ijazah tenaga perpustakaan
Data Petugas perpustakaan
Jumlah tenaga perpustakaan dan kualifikasi pendidikan
64
Tenaga perpustakaan memiliki surat penugasan sebagai penanggung jawab perpustakaan.
A. Sekolah/Madrasah memiliki tenaga perpustakaan lebih dari seorang yang semuanya memiliki surat penugasan sebagai penanggung jawab perpustakaan
B. Sekolah/Madrasah memiliki tenaga perpustakaan lebih dari seorang tetapi tidak semua memiliki surat penugasan sebagai penanggung jawab perpustakaan
C. Sekolah/Madrasah memiliki tenaga perpustakaan satu orang dan memiliki surat penugasan sebagai penanggung jawab perpustakaan
D. Sekolah/Madrasah memiliki tenaga perpustakaan satu orang tetapi tidak memiliki surat penugasan sebagai penanggung jawab perpustakaan
E. Tidak ada tenaga yang diberi tugas sebagai penanggung jawab perpustakaan
- Dokumen surat penugasan sebagai pustakawan
- FC Ijazah terakhir
Jumlah tenaga perpustakaan yang memiliki surat tugas
65
Sekolah/Madrasah memiliki tenaga layanan khusus, yaitu: (1) penjaga sekolah/madrasah, (2) tukang kebun, (3) tenaga kebersihan, (4) pengemudi, dan (5) pesuruh.
A. Memiliki 4 jenis atau lebih tenaga layanan khusus
B. Memiliki 3 jenis tenaga layanan khusus
C. Memiliki 2 jenis tenaga layanan khusus
D. Memiliki 1 jenis tenaga layanan khusus
E. Tidak memiliki tenaga layanan khusus
SK Kepala sekolah tentang penugasan tenaga layanan khusus.
Data Petugas layanan kusus
Kepemilikian tenaga layanan khusus.
Catatan : penugasan tidak boleh rangkap.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar