05.
STANDAR STANDAR SARANA DAN PRASARANA
NO
|
BUTIR
INSTRUMEN
|
BUKTI
FISIK
|
SUBTANSI
MATERI BUKTI FISIK
|
rekomendasi
|
66
|
Lahan
sekolah/madrasah memenuhi ketentuan luas minimal sesuai dengan rasio jumlah siswa.
A. Memiliki lahan
seluas 91 % — 100% dari ketentuan
luas lahan minimal sesuai dengan rasio jumlah siswa atau lebih
B. Memiliki lahan
seluas 51% — 75% dari ketentuan luas lahan minimal sesuai dengan rasio jumlah
siswa
C. Memiliki lahan
seluas 26% — 50% dari ketentuan luas lahan minimal sesuai dengan rasio jumlah
siswa
D. Memiliki lahan
seluas 1% — 25% dari ketentuan luas lahan minimal sesuai dengan rasio jumlah
siswa
E. Tidak tersedia lahan
|
·
Sertifikat tanah atau
surat keterangan lain yang
sah.
·
Daftar inventaris tanah dan bangunan
·
Daftar jumlah siswa
|
kepemilikan rasio luas lahan
terhadap siswa sesuai lihat tabel
1 ; 2 pada JUKNIS
RUMUS :
Contoh:
LUAS LAHAN YANG ADA : KETENTUAN
LUAS MINIMEM X 100 %
Ketentuan luas minimum = jumlah
rombel x 28 x rasio.
|
Jika rombel peserta didik >28 siswa sesuai ketentuan tabel 1, sekolah
agar mengusahakan tambahan ruang baru dan kordinasi dengan dinas/yayasan
|
67
|
Lahan
sekolah/madrasah berada di lokasi yang aman, terhindar dari potensi bahaya
yang mengancam kesehatan, keselamatan jiwa, dan memiliki akses untuk
penyelamatan dalam keadaan darurat.
A.Berada
di lokasi aman, terhindar dari potensi bahaya yang mengancam kesehatan,
keselamatan jiwa, dan memiliki akses untuk penyelamatan dalam keadaan darurat
B.Berada
di lokasi aman, terhindar dari potensi bahaya yang mengancam kesehatan,
keselamatan jiwa, tetapi tidak memiliki akses untuk penyelamatan dalam
keadaan darurat
C.Berada
di lokasi aman, terhindar dari potensi bahaya yang mengancam kesehatan,
tetapi tidak terhindar dari potensi bahaya yang mengancam kesehatan jiwa, dan
tidak memiliki akses untuk penyelamatan dalam keadaan darurat
D.Berada di lokasi
aman, tetapi tidak terhindar dari potensi bahaya yang mengancam kesehatan,
mengancam keselamatan
jiwa, dan tidak memiliki akses untuk
penyelamatan dalam keadaan darurat
E.Berada di lokasi yang tidak aman, tidak
terhindar dari potensi bahaya yang mengancam kesehatan
jiwa, tidak terhindar dar potensi bahaya yang mengancam keselamatan jiwa, dan
tida memiliki akses untuk penyelamatan dalam keadaan darurat
|
·
Lokasi
sekolah aman
·
Catatan sarana
prasarana
1.
Pagar sekolah
2.
Pintu gerbang
3.
Pintu darurat
4.
Pengelolaan Air
limbah
5.
Petunjuk evakuasi
6.
Buku catatan
kasus keselamatan dan kesehatan
·
denah sekolah
|
Melalui pengamatan lingkungan keadaan, lingkungan
yang aman, sehat, kemudahan akses,
ketersediaan sarana penyelamatan dalam keadaan darurat, terjaminnya tidak
terjadi tanah longsor. Sarana penerangan/instalasi listrik, jauh dari TPS
sampah, lokasi sekolah terhindar dari polusi suara, bau, udara/debu, air, tidak
terganggu kebisingan terminal, stasiun, bandara, dll
|
68
|
Lahan
sekolah/madrasah berada di lokasi yang terhindar dari gangguan pencemaran air, pencemaran udara, pencemaran tanah, dan kebisingan
A. Berada di lokasi
yang terhindar dari gangguan pencemaran air, pencemaran udara, pencemaran
tanah, dan kebisingan
B. Berada di lokasi
yang terhindar dari gangguan pencemaran air, pencemaran udara, dan pencemaran
tanah
C. Berada di lokasi
yang terhindar dari gangguan pencemaran air dan pencemaran udara
D. Berada di lokasi
yang terhindar dari gangguan pencemaran air.
E. Tidak berada di
lokasi yang aman dari gangguan pencemaran air, pencemaran udara, pencemaran
tanah, dan kebisingan
|
·
Lokasi sekolah aman dan nyaman
·
Denah sekolah yang menggambarkan
sanitasi
|
Keadaan sekolah yang strategis, kenyamanan, keamanan
.
Jauh dari pabrik, tempat pembuangan sampah, tidak
terganggu kebisingan pasar, arus lalulintas, terminal, stasiun, bandara,
bau, dll. Sanitasi lancar
|
69
|
Sekolah/Madrasah
berada di lokasi yang sesuai dengan peruntukan, memiliki
status hak atas tanah, ijin pemanfaatan dari pemegang hak atas tanah, dan ijin mendirikan bangunan.
A.Berada di lokasi yang
sesuai dengan peruntukan, memiliki status hak atas tanah, ijin pemanfaatan
dari pemegang hak atas tanah, dan ijin mendirikan bangunan
B.Berada di lokasi yang
sesuai dengan peruntukannya, memiliki status hak atas tanah, ijin pemanfaatan
dari pemegang hak atas tanah, tetapi tidak memiliki ijin mendirikan
bangunan
C.Berada di lokasi yang
sesuai dengan peruntukannya, memiliki status hak atas tanah, tetapi tidak
memiliki ijin pemanfaatan dari pemegang hak atas tanah, dan tidak memiliki
ijin mendirikan bangunan
D.Berada di lokasi yang
sesuai dengan peruntukannya tetapi memiliki status hak atas tanah, tidak
memiliki ijin pemanfaatan dari pemegang hak atas tanah, dan
tidak memiliki ijin mendirikan bangunan
E.Tidak Berada di
lokasi yang sesuai dengan peruntukan, tidak memiliki status hak atas tanah,
tidak memiliki ijin pemanfaatan dari pemegang hak atas tanah, dan tidak
memiliki ijin mendirikan bangunan
|
·
Sertifikat tanah atau Surat
keterangan hak atas tanah
·
Ijin peruntukan dari pemegang hak tanah.
·
IMB
|
·
Peruntukan pada izin mendirikan bangunan
Catatan : Jika baru surat pengajuan perijinan (IMB) belum
dianggap sebagai IMB
|
·
|
70
|
Lantai
sekolah/madrasah memenuhi ketentuan luas minimal sesuai dengan rasio jumlah siswa dan lantai gedung.
A. Memiliki lantai
seluas 76% — 100% dari ketentuan luas minimal atau
lebih
B. Memiliki lantai
seluas 51% — 75% dari ketentuan luas minimal
C. Memiliki lantai
seluas 26% — 50% dari ketentuan luas minimal
D. Memiliki lantai
seluas 1% — 25% dari ketentuan luas minimal
E. Tidak
memiliki gedung sendiri
|
·
Lantai bangunan sekolah
·
Daftar jumlah siswa
|
·
Rasio minimum luas lantai terhadap siswa
( lihat
tabel 3 ; 4 pada Juknis )
Rumus
: Luas lantai : jumlah siswa
Catatan : perhitungan rasio luas lantai
dengan jumlah siswa / Denah ruang berskala
|
·
|
71
|
Bangunan
sekolah/madrasah memiliki struktur yang stabil dan kokoh serta dilengkapi dengan sistem pencegahan bahaya kebakaran dan
petir.
A. Memiliki struktur
yang stabil dan kokoh serta dilengkapi dengan
sistem pencegahan bahaya kebakaran dan petir
B.Memiliki struktur
yang stabil dan kokoh, dilengkapi dengan sistem pencegahan bahaya kebakaran,
tetapi tidak dilengkapi dengan sistem pencegahan bahaya petir
C.Memiliki struktur
yang stabil dan kokoh, tetapi tidak dilengkapi
dengan sistem pencegahan bahaya kebakaran,
dan tidak dilengkapi dengan sistem pencegahan bahaya petir
D.Memiliki struktur
yang stabil, tetapi tidak kokoh, tidak dilengkapi
dengan sistem pencegahan bahaya kebakaran, dan tidak
dilengkapi dengan sistem pencegahan bahaya petir
E.Memiliki struktur
yang tidak stabil, tidak kokoh, tidak dilengkapi dengan sistem pencegahan
bahaya kebakaran, dan tidak dilengkapi dengan sistem pencegahan bahaya petir
|
Dokumen,
·
Konstruksi bangunan
·
Sarana pemadam kebakaran
·
Penangkal petir
|
Keadaan gedung yang kokoh Struktur bangunanya
Adanya Penangkal petir dan pemadam kebakaran (MODERN ATAU TRADISIONAL)
Gambar bestek
|
72
|
Sekolah/Madrasah
memiliki sanitasi di dalam dan di luar bangunan yang dapat
memenuhi kebutuhan: (1) air bersih, (2) saluran air kotor dan/atau air limbah, (3) tempat sampah, dan (4) saluran air hujan.
A. Memiliki sanitasi di
dalam dan di luar bangunan yang dapat memenuhi keempat kebutuhan di atas.
B. Memiliki sanitasi di
dalam dan di luar bangunan yang dapat memenuhi 3 dari 4 kebutuhan.
C. Memiliki sanitasi di
dalam dan di luar bangunan yang dapat memenuhi 2 dari 4 kebutuhan.
D. Memiliki sanitasi di
dalam dan di luar bangunan yang dapat memenuhi 1 dari 4 kebutuhan.
E. Tidak memiliki
sanitasi di dalam dan di luar yang dapat memenuhi
keempat kebutuhan di atas
|
·
Sanitasi dalam dan luar bangunan
·
Ketersediaan air bersih
·
Saluran pembuangan air limbah
·
Tempat sampah yang cukup (tempat sampah kelas) terpisah.
·
Saluran air hujan
|
·
Ketersediaan jenis sanitasi sebagai prasarat
kesehatan sekolah (saluran pembuangan
air, resapan, tempat sampah, dll)
|
|
73
|
Bangunan
sekolah/madrasah memiliki ventilasi udara dan pencahayaan yang memadai.
A. Memiliki ventilasi
udara dan pencahayaan yang memadai
B. Memiliki ventilasi
udara yang memadai tetapi tidak memiliki ventilasi pencahayaan yang memadai
C. Memiliki ventilasi
udara yang tidak memadai, tetapi memiliki ventilasi pencahayaan yang memadai
D. Memiliki ventilasi
udara dan ventilasi pencahayaan yang tidak memadai
E. Tidak
memiliki ventilasi udara dan pencahayaan
|
Pengamatan,
Adanya Ventilasi, bofen/lubang angin, jendela, lampu pada setiap ruangan yang memadai
|
Adanya ventilasi udara, jendela , pencahayaan
yang memadai
Catatan : ventilasi dapat
digantikan dengan exhauser
|
|
74
|
Bangunan
sekolah/madrasah memiliki instalasi listrik dengan daya minimum 900 watt.
A. Memiliki instalasi
listrik dengan daya 900 watt atau lebih
B. Memiliki instalasi
listrik dengan daya 450 watt
C. Tidak memiliki
instalasi listrik, tetapi menggunakan sumberdaya lain setara dengan daya 900
watt
D. Tidak memiliki
instalasi listrik, tetapi menggunakan sumberdaya lain setara dengan daya 450
watt
E. Tidak memiliki
instalasi listrik dan tidak menggunakan sumberdaya lain
|
·
Buku catatan, Pengamatan pada meteran
·
Instalasi
listrik
·
Rekening listrik / kuitansi pembayaran
·
Kartu meter
·
|
Daya minimum 900 watt
|
|
75
|
Sekolah/Madrasah
memiliki izin mendirikan bangunan dan izin penggunaan
bangunan sesuai dengan peruntukannya.
A.Memiliki izin
mendirikan bangunan dan izin penggunaan bangunan sesuai dengan peruntukannya
sebelum bangunan berdiri
B.Memiliki izin
mendirikan bangunan, dan memiliki izin penggunaan
bangunan sesuai dengan peruntukannya setelah bangunan berdiri
C. Memiliki izin
mendirikan dan memiliki izin penggunaan bangunan
sementara
D. Memiliki izin
mendirikan tetapi tidak memiliki izin penggunaan
bangunan
E. Tidak memiliki izin
mendirikan bangunan dan izin penggunaan bangunan
|
·
Ijin Mendirikan
Bangunan
·
Surat Bukti
Peruntukkan Bangunan /HGB
·
Surat
keterangan lain yang sah tentang peruntukan bangunan atau hak guna bangunan
|
· Kepemilikan
IMB dan keperuntukan bangunan
· IMB harus ada
|
·
|
76
|
Sekolah/Madrasah
melakukan pemeliharaan secara berkala baik pemeliharaan
ringan maupun berat terhadap bangunan sekolah/madrasah.
A. Melakukan
pemeliharaan ringan dan berat terhadap bangunan secara berkala sesuai
ketentuan
B. Melakukan pemeliharaan
ringan dan berat terhadap bangunan,
tetapi melebihi waktu yang sesuai ketentuan
C.Melakukan
pemeliharaan ringan tetapi melebihi waktu yang sesuai ketentuan, dan tidak
pernah melakukan pemeliharaan berat
D. Melakukan
pemeliharaan terhadap bangunan, jika sudah ada bagian bangunan yang rusak
berat
E. Tidak pernah melakukan pemeliharaan
|
·
RKJM 4 Tahunan
·
RKT
·
RKAS
·
Dokumen
pelaksanaan rehab
atau pemeliharaan
·
Dokumen catatan pemeliharaan
|
·
Ketersediaan
anggaran
·
Keterlaksanaaan pemeliharaan fisik sekolah
·
LPJ pemeliharaan,
*berita acara serahterima bangunan
*Buku catatan pemeliharaan
*Buku evaluasi RKJM
|
·
|
77
|
Sekolah/Madrasah
memiliki prasarana sesuai dengan ketentuan: (1) ruang kelas,
(2) ruang perpustakaan, (3) laboratorium IPA, (4) ruang pimpinan, (5) ruang guru, (6) tempat beribadah, (7) ruang UKS, (8) jamban, (9) gudang, dan (10) ruang sirkulasi.
A.Memiliki (1) ruang
kelas, (2) ruang perpustakaan, (3) laboratorium
IPA, (4) ruang pimpinan, (5) ruang guru, (6) tempat beribadah, (7) ruang UKS,
(8) jamban, (9) gudang, dan (10) ruang
sirkulasi
B.Memiliki (1) ruang
kelas, (2) ruang perpustakaan, (3) laboratorium IPA, (4) ruang pimpinan, (5)
ruang guru, (6) tempat beribadah, dan (7) jamban
C. Memiliki (1) ruang
kelas, (2) ruang perpustakaan, (3) laboratorium IPA, (4) ruang guru, dan (5)
jamban
D. Memiliki (1) ruang
kelas, (2) ruang perpustakaan, (3), ruang guru, dan (4) jamban
E. Tidak memiliki prasarana sendiri.
|
Pengamatan inventaris sarpras
·
Kepemilikan
ruang kelas
·
Ruang
perpustakaan
·
Ruang
Laborat
·
Ruang
pimpinan
·
Ruang
guru
·
Tempat
ibadah
·
Ruang
UKS
·
Jamban
·
Gudang
·
Ruang
sirkulasi
·
Tempat bermain/berolahraga
|
Kepemilikan sarana sekolah sesuai sesuai juknis
*kartu inventaris gedung
*kartu inventaris ruangan
|
78
|
Sekolah/Madrasah
memiliki ruang kelas dengan jumlah,ukuran, dan sarana sesuai ketentuan
A. Memiliki ruang kelas
dengan jumlah, ukuran, dan sarana sesuai ketentuan
B.Memiliki sejumlah
ruang kelas dan sarana sesuai dengan ketentuan
tetapi ukuran ruang kelas tidak sesuai dengan ketentuan
C. Memiliki ruang kelas
dengan jumlah dan ukuran tidak sesuai ketentuan tetapi memiliki sarana sesuai
ketentuan
D. Memiliki ruang kelas
dengan ukuran, jumlah, dan saran tidak sesuai ketentuan
E. Tidak memiliki ruang kelas atau gedung sendiri
|
·
Inventaris gedung
·
Catatan luas kelas.
·
Inventaris kelas
·
Catatan hasil pengamatan
|
·
Kepemilikan
jumlah ruang kelas, ukuran,
fungsi, kapasitas dan rasio
keperuntukan sesuai
juknis.
·
Ketersediaan
sarana prasarana seperti
tabel 6 pada juknis.
|
·
|
79
|
Sekolah/Madrasah
memiliki ruang perpustakaan dengan luas dan sarana sesuai
ketentuan.
A.Memiliki ruang
perpustakaan dilengkapi dengan buku teks,buku panduan pendidikan, buku
pengayaan, buku referensi dan sumber belajar lain, perabot, media pendidikan,
dan perlengkapan lain
B.Memiliki ruang
perpustakaan dilengkapi dengan buku teks, buku panduan pendidikan, buku
pengayaan, buku referensi dan sumber belajar lain, dan perabot
C. Memiliki ruang
perpustakaan dilengkapi dengan buku teks,buku panduan pendidikan dan buku
pengayaan
D. Memiliki ruang
perpustakaan dilengkapi dengan buku teks
E. Tidak
memiliki perpustakaan
|
·
ruang Perpustakaan
·
Buku-buku perpustakaan (buku referensi,buku teks, buku pengayaan, buku panduan
pendidikan)
·
Memiliki
perabot(rak buku,rak majalah,rak surat kabar,meja baca,kursi baca,meja kerja,
lemari katalog,papan pengumuman, meja multi media)
·
Buku
Inventaris perpustakaan
|
Kepemilikan Ruang
perpustakaan dan sarana perpustakaan seperti tabel 7 juknis
Rasio setiap 1 m untuk 5 anak.
Ukuran
minimum 40 m persegi.
|
|
80
|
Sekolah/Madrasah
memiliki buku teks pelajaran yang telah ditetapkan dengan
Permendiknas.
A. Memiliki buku teks
pelajaran dengan rasio 1 buku teks/mata pelajaran/siswa
B. Memiliki buku teks
pelajaran dengan rasio 1 buku teks/mata pelajaran untuk 2 — 5 siswa
C. Memiliki buku teks
pelajaran dengan rasio 1 buku teks/mata pelajaran untuk 6 — 10 siswa
D. Memiliki buku teks
pelajaran dengan rasio 1 buku teks/mata pelajaran untuk 11 siswa atau lebih
E. Tidak memiliki buku
teks pelajaran yang ditetapkan oleh Mendiknas
|
·
Inventaris buku
·
Data jumlah siswa
*Inventaris buku pelajaran
|
·
Jumlah buku mata pelajaran dengan jumlah siswa sesuai
|
·
|
81
|
Sekolah/Madrasah
memanfaatkan buku teks pelajaran yang telah ditetapkan
dengan Permendiknas.
A. Sebanyak 8 atau
lebih mata pelajaran menggunakan buku teks pelajaran yang telah ditetapkan
dengan Permendiknas
B. Sebanyak 6 — 7 mata
pelajaran menggunakan buku teks pelajaran yang telah ditetapkan dengan
Permendiknas
C. Sebanyak 4 — 5 mata
pelajaran menggunakan buku teks pelajaran yang telah ditetapkan dengan
Permendiknas
D. Sebanyak 1 — 3 mata
pelajaran menggunakan buku teks pelajaran yang telah ditetapkan dengan
Permendiknas
E. Tidak ada mata
pelajaran yang menggunakan buku teks pelajaran
yang telah ditetapkan dengan Permendiknas
|
·
Inventaris buku BSE untuk guru
dan siswa
·
Buku
teks yang direkomendasikan Permendiknas
|
·
Bukti catatan
pemanfaatan buku BSE
·
Jumlah buku
BSE dan buku teks yang direkomendasikan permendiknas
|
|
82
|
Sekolah/Madrasah
memiliki laboratorium Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan
sarana laboratorium IPA lengkap.
A. Memiliki
laboratorium IPA dengan 1 almari atau lebih dan memiliki 13 jenis sarana atau
lebih
B. Memiliki
laboratorium IPA, dengan 1 almari dan memiliki 8 — 12 sarana
C. Memiliki
laboratorium IPA, tanpa memiliki almari dan
memiliki 4 — 7 sarana
D. Memiliki
laboratorium IPA, tanpa memiliki almari dan memiliki 1 — 3 sarana
E. Tidak memiliki laboratorium IPA
|
·
Buku Inventaris laboratorium
·
laboratorium IPA
·
KIT IPA
·
Buku catatan penggunaan
|
·
Kepemilikan laboratorium IPA
·
Lihat tabel 8 pada
Juknis
|
·
|
83
|
Sekolah/Madrasah
memiliki ruang pimpinan dengan luas dan sarana sesuai
ketentuan.
A. Memiliki ruang
pimpinan dengan luas dan sarana sesuai
ketentuan
B. Memiliki ruang
pimpinan dengan luas sesuai ketentuan tetapi tidak memiliki sarana sesuai
ketentuan
C. Memiliki ruang
pimpinan dengan luas tidak sesuai ketentuan tetapi memiliki sarana sesuai
ketentuan
D. Memiliki ruang
pimpinan dengan luas dan sarana tidak sesuai ketentuan
E. Tidak memiliki
ruang pimpinan
|
·
Ruang kepala sekolah
·
Perabot ruang Kepala sekolah sesuai tabel 11 pada Juknis
|
·
Kepemilikan Ruang pimpinan dengan
fungsi,ukuran, dan sarana sesuai ketentuan ( lihat
pada Juknis)
·
Ruang pimpinan harus dapat dikunci
|
·
|
84
|
Sekolah/Madrasah
memiliki ruang guru dengan luas dan sarana sesuai ketentuan.
A. Memiliki ruang guru
dengan luas dan sarana sesuai ketentuan
B. Memiliki ruang guru
dengan luas sesuai ketentuan tetapi memiliki sarana tidak sesuai ketentuan
C. Memiliki ruang guru
dengan luas tidak sesuai ketentuan tetapi
memiliki sarana sesuai ketentuan
D. Memiliki ruang guru
dengan luas dan sarana tidak sesuai ketentuan
E. Tidak memiliki ruang guru
|
·
Kepemilikan ruang guru
·
Perabot ruang guru sesuai tabel 12 pada Juknis
|
·
Kepemilikan Ruang guru dengan fungsi, ukuran, dan sarana sesuai ketentuan
( lihat
pada Juknis)
·
Ruang pimpinan terpisah/ bersekat
dengan ruang guru
|
·
|
85
|
Sekolah/madrasah
memiliki tempat beribadah bagi warga sekolah/madrasah dengan luas dan
perlengkapan sesuai ketentuan.
A. Memiliki tempat
beribadah dengan luas dan perlengkapan sesuai ketentuan
B. Memiliki tempat
beribadah dengan luas sesuai ketentuan tetapi tidak memiliki perlengkapan
sesuai ketentuan
C. Memiliki tempat
beribadah dengan luas tidak sesuai ketentuan
tetapi memiliki perlengkapan sesuai ketentuan
D. Memiliki tempat
beribadah dengan luas dan perlengkapan
tidak sesuai ketentuan
E. Tidak memiliki tempat beribadah
|
·
Kepemilikan ruang Ibadah
·
Perlengkapan ibadah sesuai tabel 13 pada Juknis
|
·
Kepemilikan Ruang ibadah dengan
fungsi,ukuran, dan sarana sesuai
ketentuan
·
( lihat pada Juknis )
·
Jika tempat ibadah di luar pagar
sekolah, Ada keterangan kepemilikan
·
Jika sekolah memiliki warga sekolah
berbagai agama perlu ada tempat ibadah sesuai jumlah agama yang dianut warga
sekolah
|
·
|
86
|
Sekolah/Madrasah
memiliki ruang Unit Kesehatan Sekolah/Madrasah (UKS/M)
dengan luas dan sarana sesuai ketentuan.
A. Memiliki ruang UKS/M
dengan luas dan sarana sesuai ketentuan
B. Memiliki ruang UKS/M
dengan luas sesuai ketentuan tetapi memiliki sarana tidak sesuai ketentuan
C. Memiliki ruang UKS/M
dengan luas tidak sesuai ketentuan tetapi memiliki sarana sesuai ketentuan
D. Memiliki ruang UKS/M
dengan luas dan sarana tidak sesuai ketentuan
E. Tidak memiliki ruang UKS/M
|
·
ruang UKS
·
Daftar inventaris sesuai tabel 14 pada juknis
|
·
Kepemilikan Ruang UKS, kesesuaian fungsi,ukuran, dan
sarana sesuai ketentuan
( lihat
Juknis )
|
·
|
87
|
Sekolah/Madrasah
memiliki jamban dengan jumlah, ukuran, dan sarana sesuai
ketentuan.
A. Memiliki jamban
dengan jumlah, ukuran, dan sarana sesuai ketentuan
B. Memiliki jamban
dengan jumlah dan ukuran sesuai ketentuan tetapi memiliki sarana tidak sesuai
dengan ketentuan
C. Memiliki jamban
dengan jumlah dan ukuran tidak sesuai ketentuan tetapi memiliki sarana sesuai
ketentuan
D. Memiliki jamban
dengan jumlah, ukuran, dan sarana tidak sesuai ketentuan
E. Tidak memiliki
jamban
|
·
Jamban
·
Sarana
·
Buku Inventaris
|
·
Kepemilikan Jumlah Jamban ukuran sesuai ketentuan
( lihat table 15 pada Juknis)
·
Tempat sampah berada di luar kamar
mandi
|
·
|
88
|
Sekolah/Madrasah
memiliki gudang dengan luas dan sarana sesuai ketentuan.
A. Memiliki gudang
dengan luas dan sarana sesuai ketentuan
B. Memiliki gudang
dengan luas sesuai ketentuan tetapi memiliki
sarana tidak sesuai ketentuan
C. Memiliki gudang
dengan luas tidak sesuai ketentuan tetapi memiliki sarana sesuai ketentuan
D. Memiliki gudang
dengan luas dan sarana tidak sesuai ketentuan
E. Tidak memiliki gudang
|
Gudang dan sarana
|
·
Kepemilikan
gudang , kesesuaian
fungsi,ukuran,dan sarana sesuai ketentuan pada juknis
·
Buku
inventaris perabot
·
Luas dan sarana gudang lihat tabel 16 pada Juknis
|
·
|
89
|
Sekolah/Madrasah
memiliki ruang sirkulasi dengan luas dan kualitas sesuai
ketentuan tempat bermain/berolahraga dengan luas dan sarana
sesuai ketentuan.
A. Memiliki ruang
sirkulasi dengan luas dan kualitas sesuai ketentuan
B. Memiliki ruang
sirkulasi dengan luas sesuai ketentuan tetapi kualitasnya tidak sesuai
ketentuan
C. Memiliki ruang sirkulasi
dengan luas tidak sesuai ketentuan tetapi kualitasnya sesuai ketentuan
D. Memiliki ruang
sirkulasi dengan luas dan kualitas tidak sesuaiketentuan
E. Tidak memiliki ruang sirkulasi
|
·
ruang sirkulasi (serambi, doorlop,teras)
·
Tempat bermain/berolahraga
|
·
Kepemilikan ruang
sirkulasi sesuai dengan ketentuan pada juknis
·
Aula, ruang serbaguna, doorloop, emper/selasar
|
·
|
90
|
Sekolah/Madrasah
memiliki tempat bermain/berolahraga dengan luas dan sarana
sesuai ketentuan
A. Memiliki tempat bermain/berolahraga
dengan luas dan sarana sesuai
ketentuan
B. Memiliki tempat
bermain/berolahraga dengan luas sesuai ketentuan tetapi memiliki sarana tidak
sesuai ketentuan
C. Memiliki tempat
bermain/berolahraga dengan luas tidak sesuai ketentuan tetapi memiliki sarana
sesuai ketentuan
D. Memiliki tempat
bermain/berolahraga dengan luas dan sarana tidak sesuai ketentuan
E. Tidak memiliki tempat bermain/berolahraga
|
·
Tempat bermain dan berolahraga
|
·
Kepemilikan
tempat bermain dan olah raga Fungsi, ukuran, dan saranan sesuai tabel 17 pada Juknis
·
Luas sesuai ketentuan juknis (3 m2/siswa dan
minimal 540 m2)
·
Bisa halaman, bisa halaman dan lapangan
·
Jika lapangan di luar sekolah, ada keterangan bahwa
lapangan tersebut milik bersama
|
·
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar