Rabu, 15 Oktober 2014

05 STANDAR SARPRAS








05. STANDAR STANDAR SARANA DAN PRASARANA
NO
BUTIR INSTRUMEN
BUKTI FISIK
SUBTANSI MATERI BUKTI FISIK
rekomendasi
66
Lahan sekolah/madrasah memenuhi ketentuan luas minimal sesuai dengan rasio jumlah siswa.
A. Memiliki lahan seluas 91 % — 100% dari ketentuan luas lahan minimal sesuai dengan rasio jumlah siswa atau lebih
B. Memiliki lahan seluas 51% — 75% dari ketentuan luas lahan minimal sesuai dengan rasio jumlah siswa
C. Memiliki lahan seluas 26% — 50% dari ketentuan luas lahan minimal sesuai dengan rasio jumlah siswa
D. Memiliki lahan seluas 1% — 25% dari ketentuan luas lahan minimal sesuai dengan rasio jumlah siswa
E. Tidak tersedia lahan
· Sertifikat tanah atau
surat keterangan lain yang sah.
· Daftar inventaris tanah dan bangunan
· Daftar jumlah siswa
kepemilikan rasio luas lahan terhadap siswa sesuai lihat tabel 1 ; 2 pada JUKNIS
RUMUS :
Contoh:
LUAS LAHAN YANG ADA : KETENTUAN LUAS MINIMEM X 100 %
Ketentuan luas minimum = jumlah rombel x 28 x rasio.
Jika rombel peserta didik >28 siswa sesuai ketentuan tabel 1, sekolah agar mengusahakan tambahan ruang baru dan kordinasi dengan dinas/yayasan


67
Lahan sekolah/madrasah berada di lokasi yang aman, terhindar dari potensi bahaya yang mengancam kesehatan, keselamatan jiwa, dan memiliki akses untuk penyelamatan dalam keadaan darurat.
A.Berada di lokasi aman, terhindar dari potensi bahaya yang mengancam kesehatan, keselamatan jiwa, dan memiliki akses untuk penyelamatan dalam keadaan darurat
B.Berada di lokasi aman, terhindar dari potensi bahaya yang mengancam kesehatan, keselamatan jiwa, tetapi tidak memiliki akses untuk penyelamatan dalam keadaan darurat
C.Berada di lokasi aman, terhindar dari potensi bahaya yang mengancam kesehatan, tetapi tidak terhindar dari potensi bahaya yang mengancam kesehatan jiwa, dan tidak memiliki akses untuk penyelamatan dalam keadaan darurat
D.Berada di lokasi aman, tetapi tidak terhindar dari potensi bahaya yang mengancam kesehatan, mengancam keselamatan jiwa, dan tidak memiliki akses untuk
penyelamatan dalam keadaan darurat
E.Berada di lokasi yang tidak aman, tidak terhindar dari potensi bahaya yang mengancam kesehatan jiwa, tidak terhindar dar potensi bahaya yang mengancam keselamatan jiwa, dan tida memiliki akses untuk penyelamatan dalam keadaan darurat
· Lokasi sekolah aman
· Catatan sarana prasarana
1. Pagar sekolah
2. Pintu gerbang
3. Pintu darurat
4. Pengelolaan Air limbah
5. Petunjuk evakuasi
6. Buku catatan kasus keselamatan dan kesehatan
· denah sekolah
Melalui pengamatan lingkungan keadaan, lingkungan yang aman, sehat, kemudahan akses, ketersediaan sarana penyelamatan dalam keadaan darurat, terjaminnya tidak terjadi tanah longsor. Sarana penerangan/instalasi listrik, jauh dari TPS sampah, lokasi sekolah terhindar dari polusi suara, bau, udara/debu, air, tidak terganggu kebisingan terminal, stasiun, bandara, dll


68
Lahan sekolah/madrasah berada di lokasi yang terhindar dari gangguan pencemaran air, pencemaran udara, pencemaran tanah, dan kebisingan
A. Berada di lokasi yang terhindar dari gangguan pencemaran air, pencemaran udara, pencemaran tanah, dan kebisingan
B. Berada di lokasi yang terhindar dari gangguan pencemaran air, pencemaran udara, dan pencemaran tanah
C. Berada di lokasi yang terhindar dari gangguan pencemaran air dan pencemaran udara
D. Berada di lokasi yang terhindar dari gangguan pencemaran air.
E. Tidak berada di lokasi yang aman dari gangguan pencemaran air, pencemaran udara, pencemaran tanah, dan kebisingan
· Lokasi sekolah aman dan nyaman
· Denah sekolah yang menggambarkan sanitasi
Keadaan sekolah yang strategis, kenyamanan, keamanan .
Jauh dari pabrik, tempat pembuangan sampah, tidak terganggu kebisingan pasar, arus lalulintas, terminal, stasiun, bandara, bau, dll. Sanitasi lancar


69
Sekolah/Madrasah berada di lokasi yang sesuai dengan peruntukan, memiliki status hak atas tanah, ijin pemanfaatan dari pemegang hak atas tanah, dan ijin mendirikan bangunan.
A.Berada di lokasi yang sesuai dengan peruntukan, memiliki status hak atas tanah, ijin pemanfaatan dari pemegang hak atas tanah, dan ijin mendirikan bangunan
B.Berada di lokasi yang sesuai dengan peruntukannya, memiliki status hak atas tanah, ijin pemanfaatan dari pemegang hak atas tanah, tetapi tidak memiliki ijin mendirikan bangunan
C.Berada di lokasi yang sesuai dengan peruntukannya, memiliki status hak atas tanah, tetapi tidak memiliki ijin pemanfaatan dari pemegang hak atas tanah, dan tidak memiliki ijin mendirikan bangunan
D.Berada di lokasi yang sesuai dengan peruntukannya tetapi memiliki status hak atas tanah, tidak memiliki ijin pemanfaatan dari pemegang hak atas tanah, dan tidak memiliki ijin mendirikan bangunan
E.Tidak Berada di lokasi yang sesuai dengan peruntukan, tidak memiliki status hak atas tanah, tidak memiliki ijin pemanfaatan dari pemegang hak atas tanah, dan tidak memiliki ijin mendirikan bangunan
· Sertifikat tanah atau Surat keterangan hak atas tanah
· Ijin peruntukan dari pemegang hak tanah.
· IMB
· Peruntukan pada izin mendirikan bangunan
Catatan : Jika baru surat pengajuan perijinan (IMB) belum dianggap sebagai IMB
·


70
Lantai sekolah/madrasah memenuhi ketentuan luas minimal sesuai dengan rasio jumlah siswa dan lantai gedung.
A. Memiliki lantai seluas 76% — 100% dari ketentuan luas minimal atau lebih
B. Memiliki lantai seluas 51% — 75% dari ketentuan luas minimal
C. Memiliki lantai seluas 26% — 50% dari ketentuan luas minimal
D. Memiliki lantai seluas 1% — 25% dari ketentuan luas minimal
E. Tidak memiliki gedung sendiri
· Lantai bangunan sekolah
· Daftar jumlah siswa
· Rasio minimum luas lantai terhadap siswa
( lihat tabel 3 ; 4 pada Juknis )
Rumus : Luas lantai : jumlah siswa
Catatan : perhitungan rasio luas lantai dengan jumlah siswa / Denah ruang berskala
·


71
Bangunan sekolah/madrasah memiliki struktur yang stabil dan kokoh serta dilengkapi dengan sistem pencegahan bahaya kebakaran dan petir.
A. Memiliki struktur yang stabil dan kokoh serta dilengkapi dengan sistem pencegahan bahaya kebakaran dan petir
B.Memiliki struktur yang stabil dan kokoh, dilengkapi dengan sistem pencegahan bahaya kebakaran, tetapi tidak dilengkapi dengan sistem pencegahan bahaya petir
C.Memiliki struktur yang stabil dan kokoh, tetapi tidak dilengkapi dengan sistem pencegahan bahaya kebakaran, dan tidak dilengkapi dengan sistem pencegahan bahaya petir
D.Memiliki struktur yang stabil, tetapi tidak kokoh, tidak dilengkapi dengan sistem pencegahan bahaya kebakaran, dan tidak dilengkapi dengan sistem pencegahan bahaya petir
E.Memiliki struktur yang tidak stabil, tidak kokoh, tidak dilengkapi dengan sistem pencegahan bahaya kebakaran, dan tidak dilengkapi dengan sistem pencegahan bahaya petir
Dokumen,
· Konstruksi bangunan
· Sarana pemadam kebakaran
· Penangkal petir
Keadaan gedung yang kokoh Struktur bangunanya
Adanya Penangkal petir dan pemadam kebakaran (MODERN ATAU TRADISIONAL)
Gambar bestek


72
Sekolah/Madrasah memiliki sanitasi di dalam dan di luar bangunan yang dapat memenuhi kebutuhan: (1) air bersih, (2) saluran air kotor dan/atau air limbah, (3) tempat sampah, dan (4) saluran air hujan.
A. Memiliki sanitasi di dalam dan di luar bangunan yang dapat memenuhi keempat kebutuhan di atas.
B. Memiliki sanitasi di dalam dan di luar bangunan yang dapat memenuhi 3 dari 4 kebutuhan.
C. Memiliki sanitasi di dalam dan di luar bangunan yang dapat memenuhi 2 dari 4 kebutuhan.
D. Memiliki sanitasi di dalam dan di luar bangunan yang dapat memenuhi 1 dari 4 kebutuhan.
E. Tidak memiliki sanitasi di dalam dan di luar yang dapat memenuhi keempat kebutuhan di atas
· Sanitasi dalam dan luar bangunan
· Ketersediaan air bersih
· Saluran pembuangan air limbah
· Tempat sampah yang cukup (tempat sampah kelas) terpisah.
· Saluran air hujan
· Ketersediaan jenis sanitasi sebagai prasarat kesehatan sekolah (saluran pembuangan air, resapan, tempat sampah, dll)
73
Bangunan sekolah/madrasah memiliki ventilasi udara dan pencahayaan yang memadai.
A. Memiliki ventilasi udara dan pencahayaan yang memadai
B. Memiliki ventilasi udara yang memadai tetapi tidak memiliki ventilasi pencahayaan yang memadai
C. Memiliki ventilasi udara yang tidak memadai, tetapi memiliki ventilasi pencahayaan yang memadai
D. Memiliki ventilasi udara dan ventilasi pencahayaan yang tidak memadai
E. Tidak memiliki ventilasi udara dan pencahayaan
Pengamatan,
Adanya Ventilasi, bofen/lubang angin, jendela, lampu pada setiap ruangan yang memadai
Adanya ventilasi udara, jendela , pencahayaan yang memadai
Catatan : ventilasi dapat digantikan dengan exhauser
74
Bangunan sekolah/madrasah memiliki instalasi listrik dengan daya minimum 900 watt.
A. Memiliki instalasi listrik dengan daya 900 watt atau lebih
B. Memiliki instalasi listrik dengan daya 450 watt
C. Tidak memiliki instalasi listrik, tetapi menggunakan sumberdaya lain setara dengan daya 900 watt
D. Tidak memiliki instalasi listrik, tetapi menggunakan sumberdaya lain setara dengan daya 450 watt
E. Tidak memiliki instalasi listrik dan tidak menggunakan sumberdaya lain
· Buku catatan, Pengamatan pada meteran
· Instalasi listrik
· Rekening listrik / kuitansi pembayaran
· Kartu meter
·
Daya minimum 900 watt
75
Sekolah/Madrasah memiliki izin mendirikan bangunan dan izin penggunaan bangunan sesuai dengan peruntukannya.
A.Memiliki izin mendirikan bangunan dan izin penggunaan bangunan sesuai dengan peruntukannya sebelum bangunan berdiri
B.Memiliki izin mendirikan bangunan, dan memiliki izin penggunaan bangunan sesuai dengan peruntukannya setelah bangunan berdiri
C. Memiliki izin mendirikan dan memiliki izin penggunaan bangunan sementara
D. Memiliki izin mendirikan tetapi tidak memiliki izin penggunaan bangunan
E. Tidak memiliki izin mendirikan bangunan dan izin penggunaan bangunan
· Ijin Mendirikan Bangunan
· Surat Bukti Peruntukkan Bangunan /HGB
· Surat keterangan lain yang sah tentang peruntukan bangunan atau hak guna bangunan
· Kepemilikan IMB dan keperuntukan bangunan
· IMB harus ada
·
76
Sekolah/Madrasah melakukan pemeliharaan secara berkala baik pemeliharaan ringan maupun berat terhadap bangunan sekolah/madrasah.
A. Melakukan pemeliharaan ringan dan berat terhadap bangunan secara berkala sesuai ketentuan
B. Melakukan pemeliharaan ringan dan berat terhadap bangunan, tetapi melebihi waktu yang sesuai ketentuan
C.Melakukan pemeliharaan ringan tetapi melebihi waktu yang sesuai ketentuan, dan tidak pernah melakukan pemeliharaan berat
D. Melakukan pemeliharaan terhadap bangunan, jika sudah ada bagian bangunan yang rusak berat
E. Tidak pernah melakukan pemeliharaan
· RKJM 4 Tahunan
· RKT
· RKAS
· Dokumen pelaksanaan rehab atau pemeliharaan
· Dokumen catatan pemeliharaan
· Ketersediaan anggaran
· Keterlaksanaaan pemeliharaan fisik sekolah
· LPJ pemeliharaan,
*berita acara serahterima bangunan
*Buku catatan pemeliharaan
*Buku evaluasi RKJM
·


77
Sekolah/Madrasah memiliki prasarana sesuai dengan ketentuan: (1) ruang kelas, (2) ruang perpustakaan, (3) laboratorium IPA, (4) ruang pimpinan, (5) ruang guru, (6) tempat beribadah, (7) ruang UKS, (8) jamban, (9) gudang, dan (10) ruang sirkulasi.
A.Memiliki (1) ruang kelas, (2) ruang perpustakaan, (3) laboratorium IPA, (4) ruang pimpinan, (5) ruang guru, (6) tempat beribadah, (7) ruang UKS, (8) jamban, (9) gudang, dan (10) ruang sirkulasi
B.Memiliki (1) ruang kelas, (2) ruang perpustakaan, (3) laboratorium IPA, (4) ruang pimpinan, (5) ruang guru, (6) tempat beribadah, dan (7) jamban
C. Memiliki (1) ruang kelas, (2) ruang perpustakaan, (3) laboratorium IPA, (4) ruang guru, dan (5) jamban
D. Memiliki (1) ruang kelas, (2) ruang perpustakaan, (3), ruang guru, dan (4) jamban
E. Tidak memiliki prasarana sendiri.
Pengamatan inventaris sarpras
· Kepemilikan ruang kelas
· Ruang perpustakaan
· Ruang Laborat
· Ruang pimpinan
· Ruang guru
· Tempat ibadah
· Ruang UKS
· Jamban
· Gudang
· Ruang sirkulasi
· Tempat bermain/berolahraga
Kepemilikan sarana sekolah sesuai sesuai juknis
*kartu inventaris gedung
*kartu inventaris ruangan


78
Sekolah/Madrasah memiliki ruang kelas dengan jumlah,ukuran, dan sarana sesuai ketentuan
A. Memiliki ruang kelas dengan jumlah, ukuran, dan sarana sesuai ketentuan
B.Memiliki sejumlah ruang kelas dan sarana sesuai dengan ketentuan tetapi ukuran ruang kelas tidak sesuai dengan ketentuan
C. Memiliki ruang kelas dengan jumlah dan ukuran tidak sesuai ketentuan tetapi memiliki sarana sesuai ketentuan
D. Memiliki ruang kelas dengan ukuran, jumlah, dan saran tidak sesuai ketentuan
E. Tidak memiliki ruang kelas atau gedung sendiri
· Inventaris gedung
· Catatan luas kelas.
· Inventaris kelas
· Catatan hasil pengamatan
· Kepemilikan jumlah ruang kelas, ukuran, fungsi, kapasitas dan rasio keperuntukan sesuai juknis.
· Ketersediaan sarana prasarana seperti tabel 6 pada juknis.
·
79
Sekolah/Madrasah memiliki ruang perpustakaan dengan luas dan sarana sesuai ketentuan.
A.Memiliki ruang perpustakaan dilengkapi dengan buku teks,buku panduan pendidikan, buku pengayaan, buku referensi dan sumber belajar lain, perabot, media pendidikan, dan perlengkapan lain
B.Memiliki ruang perpustakaan dilengkapi dengan buku teks, buku panduan pendidikan, buku pengayaan, buku referensi dan sumber belajar lain, dan perabot
C. Memiliki ruang perpustakaan dilengkapi dengan buku teks,buku panduan pendidikan dan buku pengayaan
D. Memiliki ruang perpustakaan dilengkapi dengan buku teks
E. Tidak memiliki perpustakaan
· ruang Perpustakaan
· Buku-buku perpustakaan (buku referensi,buku teks, buku pengayaan, buku panduan pendidikan)
· Memiliki perabot(rak buku,rak majalah,rak surat kabar,meja baca,kursi baca,meja kerja, lemari katalog,papan pengumuman, meja multi media)
· Buku Inventaris perpustakaan
Kepemilikan Ruang perpustakaan dan sarana perpustakaan seperti tabel 7 juknis
Rasio setiap 1 m untuk 5 anak.
Ukuran minimum 40 m persegi.
80
Sekolah/Madrasah memiliki buku teks pelajaran yang telah ditetapkan dengan Permendiknas.
A. Memiliki buku teks pelajaran dengan rasio 1 buku teks/mata pelajaran/siswa
B. Memiliki buku teks pelajaran dengan rasio 1 buku teks/mata pelajaran untuk 2 — 5 siswa
C. Memiliki buku teks pelajaran dengan rasio 1 buku teks/mata pelajaran untuk 6 — 10 siswa
D. Memiliki buku teks pelajaran dengan rasio 1 buku teks/mata pelajaran untuk 11 siswa atau lebih
E. Tidak memiliki buku teks pelajaran yang ditetapkan oleh Mendiknas
· Inventaris buku
· Data jumlah siswa
*Inventaris buku pelajaran
· Jumlah buku mata pelajaran dengan jumlah siswa sesuai
·
81
Sekolah/Madrasah memanfaatkan buku teks pelajaran yang telah ditetapkan dengan Permendiknas.
A. Sebanyak 8 atau lebih mata pelajaran menggunakan buku teks pelajaran yang telah ditetapkan dengan Permendiknas
B. Sebanyak 6 — 7 mata pelajaran menggunakan buku teks pelajaran yang telah ditetapkan dengan Permendiknas
C. Sebanyak 4 — 5 mata pelajaran menggunakan buku teks pelajaran yang telah ditetapkan dengan Permendiknas
D. Sebanyak 1 — 3 mata pelajaran menggunakan buku teks pelajaran yang telah ditetapkan dengan Permendiknas
E. Tidak ada mata pelajaran yang menggunakan buku teks pelajaran yang telah ditetapkan dengan Permendiknas
· Inventaris buku BSE untuk guru dan siswa
· Buku teks yang direkomendasikan Permendiknas
· Bukti catatan pemanfaatan buku BSE
· Jumlah buku BSE dan buku teks yang direkomendasikan permendiknas
82
Sekolah/Madrasah memiliki laboratorium Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan sarana laboratorium IPA lengkap.
A. Memiliki laboratorium IPA dengan 1 almari atau lebih dan memiliki 13 jenis sarana atau lebih
B. Memiliki laboratorium IPA, dengan 1 almari dan memiliki 8 — 12 sarana
C. Memiliki laboratorium IPA, tanpa memiliki almari dan memiliki 4 — 7 sarana
D. Memiliki laboratorium IPA, tanpa memiliki almari dan memiliki 1 — 3 sarana
E. Tidak memiliki laboratorium IPA
· Buku Inventaris laboratorium
· laboratorium IPA
· KIT IPA
· Buku catatan penggunaan
· Kepemilikan laboratorium IPA
· Lihat tabel 8 pada Juknis
·
83
Sekolah/Madrasah memiliki ruang pimpinan dengan luas dan sarana sesuai ketentuan.
A. Memiliki ruang pimpinan dengan luas dan sarana sesuai ketentuan
B. Memiliki ruang pimpinan dengan luas sesuai ketentuan tetapi tidak memiliki sarana sesuai ketentuan
C. Memiliki ruang pimpinan dengan luas tidak sesuai ketentuan tetapi memiliki sarana sesuai ketentuan
D. Memiliki ruang pimpinan dengan luas dan sarana tidak sesuai ketentuan
E. Tidak memiliki ruang pimpinan
· Ruang kepala sekolah
· Perabot ruang Kepala sekolah sesuai tabel 11 pada Juknis
· Kepemilikan Ruang pimpinan dengan fungsi,ukuran, dan sarana sesuai ketentuan ( lihat pada Juknis)
· Ruang pimpinan harus dapat dikunci
·


84
Sekolah/Madrasah memiliki ruang guru dengan luas dan sarana sesuai ketentuan.
A. Memiliki ruang guru dengan luas dan sarana sesuai ketentuan
B. Memiliki ruang guru dengan luas sesuai ketentuan tetapi memiliki sarana tidak sesuai ketentuan
C. Memiliki ruang guru dengan luas tidak sesuai ketentuan tetapi memiliki sarana sesuai ketentuan
D. Memiliki ruang guru dengan luas dan sarana tidak sesuai ketentuan
E. Tidak memiliki ruang guru
· Kepemilikan ruang guru
· Perabot ruang guru sesuai tabel 12 pada Juknis
· Kepemilikan Ruang guru dengan fungsi, ukuran, dan sarana sesuai ketentuan
( lihat pada Juknis)
· Ruang pimpinan terpisah/ bersekat dengan ruang guru
·
85
Sekolah/madrasah memiliki tempat beribadah bagi warga sekolah/madrasah dengan luas dan perlengkapan sesuai ketentuan.
A. Memiliki tempat beribadah dengan luas dan perlengkapan sesuai ketentuan
B. Memiliki tempat beribadah dengan luas sesuai ketentuan tetapi tidak memiliki perlengkapan sesuai ketentuan
C. Memiliki tempat beribadah dengan luas tidak sesuai ketentuan tetapi memiliki perlengkapan sesuai ketentuan
D. Memiliki tempat beribadah dengan luas dan perlengkapan tidak sesuai ketentuan
E. Tidak memiliki tempat beribadah
· Kepemilikan ruang Ibadah
· Perlengkapan ibadah sesuai tabel 13 pada Juknis
· Kepemilikan Ruang ibadah dengan fungsi,ukuran, dan sarana sesuai ketentuan
· ( lihat pada Juknis )
· Jika tempat ibadah di luar pagar sekolah, Ada keterangan kepemilikan
· Jika sekolah memiliki warga sekolah berbagai agama perlu ada tempat ibadah sesuai jumlah agama yang dianut warga sekolah
·


86
Sekolah/Madrasah memiliki ruang Unit Kesehatan Sekolah/Madrasah (UKS/M) dengan luas dan sarana sesuai ketentuan.
A. Memiliki ruang UKS/M dengan luas dan sarana sesuai ketentuan
B. Memiliki ruang UKS/M dengan luas sesuai ketentuan tetapi memiliki sarana tidak sesuai ketentuan
C. Memiliki ruang UKS/M dengan luas tidak sesuai ketentuan tetapi memiliki sarana sesuai ketentuan
D. Memiliki ruang UKS/M dengan luas dan sarana tidak sesuai ketentuan
E. Tidak memiliki ruang UKS/M
· ruang UKS
· Daftar inventaris sesuai tabel 14 pada juknis
· Kepemilikan Ruang UKS, kesesuaian fungsi,ukuran, dan sarana sesuai ketentuan
( lihat Juknis )
·
87
Sekolah/Madrasah memiliki jamban dengan jumlah, ukuran, dan sarana sesuai ketentuan.
A. Memiliki jamban dengan jumlah, ukuran, dan sarana sesuai ketentuan
B. Memiliki jamban dengan jumlah dan ukuran sesuai ketentuan tetapi memiliki sarana tidak sesuai dengan ketentuan
C. Memiliki jamban dengan jumlah dan ukuran tidak sesuai ketentuan tetapi memiliki sarana sesuai ketentuan
D. Memiliki jamban dengan jumlah, ukuran, dan sarana tidak sesuai ketentuan
E. Tidak memiliki jamban
· Jamban
· Sarana
· Buku Inventaris
· Kepemilikan Jumlah Jamban ukuran sesuai ketentuan
( lihat table 15 pada Juknis)
· Tempat sampah berada di luar kamar mandi
·


88
Sekolah/Madrasah memiliki gudang dengan luas dan sarana sesuai ketentuan.
A. Memiliki gudang dengan luas dan sarana sesuai ketentuan
B. Memiliki gudang dengan luas sesuai ketentuan tetapi memiliki sarana tidak sesuai ketentuan
C. Memiliki gudang dengan luas tidak sesuai ketentuan tetapi memiliki sarana sesuai ketentuan
D. Memiliki gudang dengan luas dan sarana tidak sesuai ketentuan
E. Tidak memiliki gudang
Gudang dan sarana
· Kepemilikan gudang , kesesuaian fungsi,ukuran,dan sarana sesuai ketentuan pada juknis
· Buku inventaris perabot
· Luas dan sarana gudang lihat tabel 16 pada Juknis
·
89
Sekolah/Madrasah memiliki ruang sirkulasi dengan luas dan kualitas sesuai ketentuan tempat bermain/berolahraga dengan luas dan sarana sesuai ketentuan.
A. Memiliki ruang sirkulasi dengan luas dan kualitas sesuai ketentuan
B. Memiliki ruang sirkulasi dengan luas sesuai ketentuan tetapi kualitasnya tidak sesuai ketentuan
C. Memiliki ruang sirkulasi dengan luas tidak sesuai ketentuan tetapi kualitasnya sesuai ketentuan
D. Memiliki ruang sirkulasi dengan luas dan kualitas tidak sesuaiketentuan
E. Tidak memiliki ruang sirkulasi
· ruang sirkulasi (serambi, doorlop,teras)
· Tempat bermain/berolahraga
· Kepemilikan ruang sirkulasi sesuai dengan ketentuan pada juknis
· Aula, ruang serbaguna, doorloop, emper/selasar
·


90
Sekolah/Madrasah memiliki tempat bermain/berolahraga dengan luas dan sarana sesuai ketentuan
A. Memiliki tempat bermain/berolahraga dengan luas dan sarana sesuai ketentuan
B. Memiliki tempat bermain/berolahraga dengan luas sesuai ketentuan tetapi memiliki sarana tidak sesuai ketentuan
C. Memiliki tempat bermain/berolahraga dengan luas tidak sesuai ketentuan tetapi memiliki sarana sesuai ketentuan
D. Memiliki tempat bermain/berolahraga dengan luas dan sarana tidak sesuai ketentuan
E. Tidak memiliki tempat bermain/berolahraga
· Tempat bermain dan berolahraga
· Kepemilikan tempat bermain dan olah raga Fungsi, ukuran, dan saranan sesuai tabel 17 pada Juknis
· Luas sesuai ketentuan juknis (3 m2/siswa dan minimal 540 m2)
· Bisa halaman, bisa halaman dan lapangan
· Jika lapangan di luar sekolah, ada keterangan bahwa lapangan tersebut milik bersama
·

Tidak ada komentar:

Posting Komentar