Rabu, 15 Oktober 2014

03 STANDAR SKL

 
 


STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
BUTIR INSTRUMEN
BUKTI FISIK
SUBSTANSI MATERI BUKTI FISIK
30. Siswa memperoleh pengalaman belajar untuk menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif dalam pengambilan keputusan.
􀀘 A. Rata-rata nilai ketuntasan belajar kelompok mata pelajaran Iptek 75,00 atau lebih
􀀘 B. Rata-rata nilai ketuntasan belajar kelompok mata pelajaran Iptek 70,00 — 74,99
􀀘 C. Rata-rata nilai ketuntasan belajar kelompok mata pelajaran Iptek 65,00 — 69,99
􀀘 D. Rata-rata nilai ketuntasan belajar kelompok mata pelajaran Iptek 60,00 — 64,99
􀀘 E. Rata-rata nilai ketuntasan belajar kelompok mata pelajaran Iptek kurang dari 60,00
a. Dokumen kurikulum buku I
b. Dokumen proses penetapan KKM
(undangan rapat, daftar hadir, notulen, Berita Acara, Dokumen KKM dari semua guru, Hasil rumusan KKM)
c. SK Penetapan KKM
KKM kelompok mata pelajaran IPTEK (BI, MTK, IPA, IPS, Bhs. Jawa, Bhs. Inggris) Kelas I s/d VI.
31. Siswa memperoleh pengalaman belajar yang
menun jukkan rasa keingintahuan yang tinggi
dan menyadari potensinya.
·
􀀘 A.Sekolah/Madrasah memfasilitasi kegiatan siswa dengan memanfaatkan dan memfungsikan sumber belajar meliputi bahan ajar, buku teks, perpustakaan, laboratorium, dan internet
􀀘 B.Sekolah/Madrasah memfasilitasi kegiatan siswa dengan memanfaatkan dan memfungsikan sumber belajar meliput bahan ajar, buku teks, perpustakaan, dan laboratorium
􀀘 C.Sekolah/Madrasah memfasilitasi kegiatan siswa dengan memanfaatkan dan memfungsikan sumber belajar meliput bahan ajar, buku teks, dan perpustakaan
􀀘 D.Sekolah/Madrasah memfasilitasi kegiatan siswa denganmemanfaatkan dan memfungsikan sumber belajar meliputi bahan ajar dan buku teks
􀀘 E. Sekolah/Madrasah tidak pernah memfasilitasi kegiatan siswa dengan sumber belajar
Sumber belajar
· Bahan ajar
· Buku teks
· Perpustakaan
· Laboratorium
· internet
* Bukti fisik pemanfaatan sumber belajar
a.Pemanfaatan sumber belajar minimal 75% dari semua siswa
32. Siswa memperoleh pengalaman belajar yang
menunjukkan kemampuan mengenali gejala
alam dan sosial.
􀀘 A Sebanyak 76% — 100% RPP mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) memuat kegiatan pembelajaran yang menunjukkan kemampuan mengenali gejala alam dan sosial
􀀘 B.Sebanyak 51% — 75% RPP mata pelajaran IPA dan IPS memuat kegiatan pembelajaran yang menunjukkan kemampuan mengenali gejala alam dan sosial
􀀘 C.Sebanyak 26% — 50% RPP mata pelajaran IPA dan IPS memuat kegiatan pembelajaran yang menunjukkan kemampuan mengenali gejala alam dan sosial
􀀘 D.Sebanyak 1% — 25% RPP mata pelajaran IPA dan IPS memuat kegiatan pembelajaran yang menunjukkan kemampuan mengenali gejala alam dan sosial
􀀘 E.Tidak ada RPP mata pelajaran IPA dan IPS yang memuat kegiatan pembelajaran yang menunjukkan kemampuanmengenali gejala alam dan social
· Dokumen RPP IPA dan IPS
Metode, kegiatan pembelajaran , media, alat dan sumber belajar
· Kumpulan kliping
· Laporan hasil kegiatan analisis gejala alam dan sosial
· Dokumen hasil diskusi siswa
· Dukumen yang berupa foto, CD tentang gejala alam dan sosial
Persentase RPP dari SK/KD yang
menunjukkan gejala alam dan sosial
33. Siswa memperoleh pengalaman belajar meng gunakan informasi tentang lingkungan sekitar secara logis, kritis, dan kreatif melalui pemanfaatan sumber belajar berupa; (1) bahan ajar,(2) buku teks, (3) perpustakaan, (4) laboratorium, dan (5) internet
􀀘 A. Sekolah/Madrasah memfasilitasi kegiatan siswa dengan memanfaatkan dan memfungsikan 5 sumber belajar
􀀘 B. Sekolah/Madrasah memfasilitasi kegiatan siswa dengan memanfaatkan dan memfungsikan 4 sumber belajar
􀀘 C. Sekolah/Madrasah memfasilitasi kegiatan siswa dengan memanfaatkan dan memfungsikan 3 sumber belajar
􀀘 D. Sekolah/Madrasah memfasilitasi kegiatan siswa dengan memanfaatkan dan memfungsikan 2 sumber belajar
􀀘 E. Sekolah/Madrasah memfasilitasi kegiatan siswa dengan memanfaatkan dan memfungsikan hanya 1 sumber belajar
Dokumen pemanfaatan
sumber belajar :
· Bahan ajar
· Buku teks
· Perpustakaan
· Laboratorium
· Internet
f. Pemanfaatan sumber belajar dan persentase banyaknya siswa yang mengikuti kegiatan
34. Siswa memperoleh pengalaman belajar yang
menunjukkan kegemaran membaca dan
menulis.
􀀘 A. Sebanyak 76% — 100% RPP mata pelajaran memuat kegiatan pembelajaran membaca dan menulis
􀀘 B. Sebanyak 51% — 75% RPP mata pelajaran memuat kegiatan pembelajaran membaca dan menulis
􀀘 C. Sebanyak 26% — 50% RPP mata pelajaran memuat kegiatan pembelajaran membaca dan menulis
􀀘 D. Sebanyak 1% — 25% RPP mata pelajaran memuat kegiatan pembelajaran membaca dan menulis
􀀘 E. Tidak ada RPP mata pelajaran yang memuat kegiatan pembelajaran membaca dan menulis
· Dokumen RPP
(semua kelas semua mapel pada kegiatan pembelajaran yang memberi tugas membaca dan menulis )
· Hasil tugas/karya siswa berupa a.l : sinopsis, laporan, mading, kliping dll
(semua kelas semua mapel)
Persentase RPP yang menunjukkan kegemaran membaca dan menulis
35. Siswa memperoleh pengalaman belajar yang menunjukkan kecintaan dan kepedulian terhadap lingkungan sosial dan fisik.
􀀘 A. Sebanyak 76% — 100% RPP semua mata pelajaran dikaitkan dengan kecintaan dan kepedulian terhadap lingkungan
􀀘 B. Sebanyak 51% — 75% RPP semua mata pelajaran dikaitkan dengan kecintaan dan kepedulian terhadap lingkungan
􀀘 C. Sebanyak 26% — 50% RPP semua mata pelajaran dikaitkan dengan kecintaan dan kepedulian terhadap lingkungan
􀀘 D. Sebanyak 1% — 25% RPP semua mata pelajaran dikaitkan dengan kecintaan dan kepedulian terhadap lingkungan
􀀘 E. Tidak ada RPP mata pelajaran yang dikaitkan dengan kecintaan dan kepedulian terhadap lingkungan
Dokumen RPP
(dilihat sumber belajar, alat, media dan kegiatan pembelajaran yang menunjukkan kecintaan dan kepedulian lingkungan)
Persentase RPP yang menunjukkan kecintaan dan kepedulian lingkungan social dan fisik
36. Siswa memperoleh pengalaman belajar yang
menunjukkan kemampuanuntuk melakukan
kegiatan seni dan budaya lokal.
􀀘 A. Dalam satu tahun terakhir, sekolah/madrasah melaksanakan atau memfasilitasi 4 jenis/kali kegiatan seni dan budaya lokal
􀀘 B. Dalam satu tahun terakhir, sekolah/madrasah melaksanakan atau memfasilitasi 3 jenis/kali kegiatan seni dan budaya lokal
􀀘 C. Dalam satu tahun terakhir, sekolah/madrasah melaksanakan atau memfasilitasi 2 jenis/kali kegiatan seni dan budaya lokal
􀀘 D. Dalam satu tahun terakhir, sekolah/madrasah melaksanakan atau memfasilitasi 1 jenis/kali kegiatan seni dan budaya lokal
􀀘 E.Dalam satu tahun terakhir, sekolah/madrasah tidak melaksanakan atau memfasilitasi kegiatan seni dan budaya lokaL
1.Dokumen kegiatan seni
budaya lokal (foto, CD, catatan hasil kegiatan, daftar hadir, dll)
2.SK Kepanitiaan kegiatan,
3. Program/proposal
Tambahan :
Hasil karya seni, misalnya :
1. Seni Lukis.
2. Seni Tari
3. Seni Musik
4. Seni Anyam
5. Seni Pahat
Banyaknya kegiatan seni budaya yang diikuti oleh minimal 75% siswa dalam satu tahun
37. Dalam satu tahun terakhir, siswa memperoleh
pengalaman belajar untuk dapat mematuhi
aturan-aturan sosial yang berlaku di
lingkungannya.
􀀘 A.Tidak ada siswa yang melanggar peraturan sekolah (terlambat masuk, membolos, tidak berseragam, berkelahi, dan lainnya)
􀀘 B.Kurang dari 5% siswa yang melanggar peraturan sekolah (terlambat masuk, membolos, tidak berseragam, berkelahi,dan lainnya)
􀀘 C.Antara 6 — 10% siswa yang melanggar peraturan sekolah (terlambat masuk, membolos, tidak berseragam, berkelahi,dan lainnya)
􀀘 D.Antara 11 — 15% siswa yang melanggar peraturan sekolah (terlambat masuk, membolos, tidak berseragam, berkelahi,dan lainnya)
􀀘 E.Lebih dari 15% siswa yang melanggar peraturan sekolah (terlambat masuk, membolos, tidak berseragam, berkelahi, dan
lainnya)
· Dokumen Tata-tertib sekolah
· Dokumen sosialisasi tata-tertib
· Catatan pelanggaran/DLPK
· Catatan pemberian sanksi
· Catatan penyuluhan narkoba
Persentase pelanggaran tata-tertib sekolah
38. Dalam setahun terakhir siswa memperoleh pengalaman belajar yang dapat menunjukkan kecintaan dan kebanggaan terhadap bangsa, negara dan tanah air Indonesia.
􀀘 A.Sekolah/madrasah mengadakan 4 kali atau lebih kegiatanyang mampu menumbuhkan kecintaan dan kebanggaanterhadap bangsa, negara, dan tanah air Indonesia
􀀘 B.Sekolah/madrasah mengadakan 3 kali kegiatan yang mampumenumbuhkan kecintaan dan kebanggaan terhadap bangsa, negara, dan tanah air Indonesia
􀀘 C.Sekolah/madrasah mengadakan 2 kali kegiatan yang mampu menumbuhkan kecintaan dan kebanggaan terhadap bangsa,negara, dan tanah air Indonesia
􀀘 D.Sekolah/madrasah mengadakan 1 kali kegiatan yang mampu menumbuhkan kecintaan dan kebanggaan terhadap bangsa, negara, dan tanah air Indonesia
􀀘 E.Sekolah/madrasah tidak pernah mengadakan kegiatan yang mampu menumbuhkan kecintaan dan kebanggaan terhadap bangsa, negara, dan tanah air Indonesia
Dokumen kegiatan yang menunjukkan cinta dan bangga terhadap bangsa,negara, dan tanah air Indonesia (contoh : upacara bendera, hari besar nasional, hari besar
Keagamaan, pentas seni budaya dan hari-hari nasional yang lain)
Dokumen tersebut dibukti-
Kan, a.l :
· Proposal/ program
·Daftar hadir
·Data Kegiatan
·Dokumen kegiatan, misal foto
Banyaknya kegiatan yang menunjukkan cinta dan bangga terhadap bangsa,negara, dan tanah air Indonesia (contoh : upacara bendera, hari besar nasional, hari besar keagamaan, pentas seni budaya dan hari-hari nasional yang lain)
39. Siswa memperoleh pengalaman belajar yang menunjukkan kebiasaan hidup bersih, sehat, bugar, aman dan memanfaatkan waktu luang.
􀀘 A. Sekolah/Madrasah tiap pekan menyelenggarakan kegiatan kebersihan
􀀘 B. Sekolah/Madrasah setiap bulan menyelenggarakan kegiatan kebersihan
􀀘 C. Sekolah/Madrasah setiap triwulan menyelenggarakan kegiatan kebersihan
􀀘 D. Sekolah/Madrasah setiap semester menyelenggarakan kegiatan kebersihan
􀀘 E. Sekolah/Madrasah tidak pernah menyelenggarakan kegiatankebersihan
· Dokumen program dan pelaksanaan kegiatan yang menunjukkan kebiasaan hidup bersih, sehat,bugar,aman, dan memanfaatkan waktu luang
· Jadwal kegiatan
· Program
· Pelaksanaan Kegiatan
· Dokumen hasil kegiatan
Banyaknya kegiatan hidup bersih: cuci tangan bersama, senam, bersih lingkungan, sanitasi, periksa kuku, telinga, mata,gosok gigi,dll.
40. Siswa memperoleh pengalaman belajar untuk
dapat menjalankan ajaran agama yang dianut
sesuai dengan tahap perkembangan anak.
􀀘 A.Sekolah/madrasah setiap minggu menyelenggarakan 4 jenis atau lebih kegiatan pembelajaran agama yang dianut sesuai dengan tahap perkembangan anak
􀀘 B.Sekolah/madrasah setiap minggu menyelenggarakan 3 jenis kegiatan pembelajaran agama yang dianut sesuai dengan tahap perkembangan anak
􀀘 C.Sekolah/madrasah setiap minggu menyelenggarakan 2 jeniskegiatan pembelajaran agama yang dianut sesuai dengan tahap perkembangan anak
􀀘 D.Sekolah/madrasah setiap minggu menyelenggarakan 1 jenis kegiatan pembelajaran agama yang dianut sesuai dengan tahap perkembangan anak
􀀘 E.Sekolah/madrasah setiap minggu tidak menyelenggarakan kegiatan pembelajaran agama yang dianut sesuai dengan tahap perkembangan anak
· Dokumen program dan pelaksanaan kegiatan keagamaan
· Jadwal kegiatan
Banyaknya kegiatan keagamaan dalam satu minggu
1. Pembiasaan memberi salam
2. Pembiasaan membaca do`a
3. Pembiasaan beribadah sesuai dengan agamanya
4. Penyelenggaraan berbagai kegiatan lain yang bernuansa keagamaan
41. Siswa memperoleh pengalaman belajar untuk menghargai keberagaman agama, bangsa, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi.
􀀘 A.Dalam satu tahun terakhir, sekolah/madrasah menyelenggarakan 4 kali atau lebih kegiatan pembelajaran untuk menghargai keberagaman agama, bangsa, suku, ras,dan golongan sosial ekonomi
􀀘 B.Dalam satu tahun terakhir, sekolah/madrasah menyelenggarakan 3 kali kegiatan pembelajaran untukmenghargai keberagaman agama, bangsa, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi
􀀘 C.Dalam satu tahun terakhir, sekolah/madrasah menyelenggarakan 2 kali kegiatan pembelajaran untukmenghargai keberagaman agama, bangsa, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi
􀀘 D.Dalam satu tahun terakhir,sekolah/madrasah menyelenggarakan 1 kali kegiatan pembelajaran untuk menghargai keberagaman agama, bangsa, suku, ras, dan
golongan sosial ekonomi
􀀘 E.Dalam satu tahun terakhir sekolah/madrasah tidak menyelenggarakan kegiatan pembela jaran untuk menghargai keberagaman agama, bangsa, suku, ras, dan golongan social ekonomi
· Dokumen program, pelaksanaan dan hasil
kegiatan yang menghargai
keberagaman
Banyaknya kegiatan peringatan hari besar nasional, hari besar keagamaan,pentas seni, bakti sosial dll.yang diikuti minimal 90% dari jumlah siswa
42. Siswa memperoleh pengalaman belajar bekerjasama dalam kelompok, tolong-menolong dan menjaga diri sendiri dalam lingkungan keluarga dan teman sebaya.
􀀘 A.Sebanyak 76% — 100% RPP semua mata pelajaran menggunakan metode belajar secara kelompok (cooperative learning)
􀀘 B.Sebanyak 51% — 75% RPP semua mata pelajaran menggunakan metode belajar secara kelompok (cooperative learning)
􀀘 C.Sebanyak 26% — 50% RPP semua mata pelajaran menggunakan metode belajar secara kelompok (cooperative learning)
􀀘 D.Sebanyak 1% — 25% RPP semua mata pelajaran menggunakan metode belajar secara kelompok (cooperative learning)
􀀘 E. Tidak ada RPP mata pelajaran yang menggunakan metode belajar secara kelompok (cooperatif learning)
Do Dokumen RPP (cek metode belajar secara kelompok, misal diskusi, bush group, sosiodrama, dll pada silabus dan kegiatan pembelajaran pada RPP)
Persentase RPP yang menggunakan metode belajar secara kelompok (cooperative learning )
43. Siswa memperoleh pengalaman belajar yang
menunjukkan kemampuan memecahkan
masalah sederhana dalam kehidupan sehari-
hari.
􀀘 A.Sebanyak 76% — 100% RPP semua mata pelajaran menggunakan metode pemecahan masalah (problem solving/problem based learning)
􀀘 B.Sebanyak 51% — 75% RPP semua mata pelajaran menggunakan metode pemecahan masalah (problem solving/problem based learning)
􀀘 C.Sebanyak 26% — 50% RPP semua mata pelajaran menggunakan metode pemecahan masalah (problem solving/problem based learning)
􀀘 D.Sebanyak 1% — 25% RPP semua mata pelajaran menggunakan metode pemecahan masalah (problem solving/problem based learning)
􀀘 E. Tidak ada RPP mata pelajaran yang menggunakan metode pemecahan masalah (problem solving/problem based learning)
Dokumen RPP
Cek metode problem solving
pada silabus dan kegiatan pembelajaran pada RPP
,yang termasuk problem solving a.l adalah : diskusi (kerja kelompok), sumbang saran, eksperimen, inkuiri.
Persentase RPP yang menggunakan metode belajar pemecahan masalah (problem solving )
44. Siswa memperoleh pengalaman belajar dalam
berkomunikasi baik lisan maupun tulisan.
􀀘 A.Tersedianya kumpulan karya tulis siswa baik dari penugasan maupun lomba, laporan hasil kunjungan karya wisata/studi lapangan, majalah dinding, dan buletin siswa internal sekolah/madrasah, serta diskusi dan presentasi
􀀘 B.Tersedianya kumpulan karya tulis siswa baik dari penugasanmaupun lomba, laporan hasil kunjungan karya wisata/studi lapangan, dan majalah dinding, serta diskusi dan presentasi
􀀘 C.Tersedianya kumpulan karya tulis siswa baik dari penugasan maupun lomba, dan laporan hasil kunjungan karya wisata/studi lapangan, serta diskusi dan presentasi
􀀘 D. Tersedianya kumpulan karya tulis siswa baik dari penugasan maupun lomba, serta diskusi dan presentasi
􀀘 E. Tidak tersedia kumpulan karya tulis siswa, diskusi, dan presentasi
Kumpulan karya tulis siswa contoh : Dokumen mading,
Portofolio,Buletin karya siswa,Laporan kunjungan karya wisata.
Banyaknya karya tulis siswa yang diikuti setidak-tidaknya oleh 90% siswa
45. Siswa memperoleh pengalaman belajar yang
menunjukkan keterampilan menyimak,
berbicara, membaca, menulis dan berhitung
􀀘 A. Sekolah/Madrasah menghasilkan 4 karya siswa atau lebih
􀀘 B. Sekolah /Madrasah menghasilkan 3 karya siswa
􀀘 C. Sekolah /Madrasah menghasilkan 2 karya siswa
􀀘 D. Sekolah /Madrasah menghasilkan 1 karya siswa
􀀘 E. Sekolah /Madrasah tidak menghasilkan karya siswa
· Dokumen hasil karya siswa yang memperoleh penghargaan terkait
dengan menyimak, berbicara, membaca, menulis dan berhitung, misal : pidato,cipta dan baca puisi, sinopsis, mengarang, olimpiode Matematika.
· Daftar kejuaraan ,piala, piagam penghargaan
Banyaknya jenis karya siswa yang memperoleh penghargaan terkait
46. Sekolah/Madrasah memiliki prestasi yang
ditunjukkan dengan rata-rata hasil UASBN.
􀀘 A. Rata-rata UASBN lebih dari 8,00
􀀘 B. Rata-rata UASBN antara 7,01 — 8,00
􀀘 C. Rata-rata UASBN lebih dari 6,01 — 7,00
􀀘 D. Rata-rata UASBN lebih dari 5,01 — 6,00
􀀘 E. Rata-rata UASBN lebih rendah 5,01
Dokumen nilai UASBN /UN
1 tahun terakhir
Nilai rata-rata UASBN /UN
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar