STANDAR
KOMPETENSI LULUSAN
|
||
BUTIR INSTRUMEN
|
BUKTI FISIK
|
SUBSTANSI MATERI BUKTI FISIK
|
30. Siswa
memperoleh pengalaman belajar untuk menunjukkan kemampuan berpikir
logis, kritis, kreatif, dan inovatif dalam pengambilan keputusan.
A. Rata-rata nilai ketuntasan belajar
kelompok mata pelajaran Iptek 75,00 atau lebih
B. Rata-rata nilai ketuntasan belajar
kelompok mata pelajaran Iptek 70,00 — 74,99
C. Rata-rata nilai ketuntasan belajar
kelompok mata pelajaran Iptek 65,00 — 69,99
D. Rata-rata nilai ketuntasan belajar
kelompok mata pelajaran Iptek 60,00 — 64,99
E. Rata-rata nilai ketuntasan belajar
kelompok mata pelajaran Iptek kurang dari 60,00
|
a. Dokumen kurikulum buku I
b.
Dokumen proses penetapan KKM
(undangan
rapat, daftar hadir, notulen, Berita Acara,
Dokumen KKM dari semua guru, Hasil rumusan KKM)
c. SK Penetapan KKM
|
KKM kelompok mata pelajaran
IPTEK (BI, MTK, IPA, IPS, Bhs. Jawa, Bhs.
Inggris) Kelas
I s/d VI.
|
31. Siswa memperoleh pengalaman belajar yang
menun jukkan
rasa keingintahuan yang tinggi
dan
menyadari potensinya.
·
A.Sekolah/Madrasah memfasilitasi kegiatan
siswa dengan memanfaatkan dan memfungsikan sumber belajar meliputi bahan
ajar, buku teks, perpustakaan, laboratorium, dan internet
B.Sekolah/Madrasah memfasilitasi kegiatan
siswa dengan memanfaatkan dan memfungsikan sumber belajar meliput bahan ajar, buku teks, perpustakaan, dan
laboratorium
C.Sekolah/Madrasah memfasilitasi kegiatan
siswa dengan memanfaatkan dan memfungsikan sumber belajar meliput bahan ajar,
buku teks, dan perpustakaan
D.Sekolah/Madrasah memfasilitasi kegiatan
siswa denganmemanfaatkan dan memfungsikan sumber belajar meliputi bahan ajar
dan buku teks
E. Sekolah/Madrasah tidak pernah
memfasilitasi kegiatan siswa dengan sumber belajar
|
Sumber belajar
·
Bahan ajar
·
Buku teks
·
Perpustakaan
·
Laboratorium
·
internet
* Bukti fisik
pemanfaatan sumber belajar
|
a.Pemanfaatan sumber belajar minimal 75% dari semua siswa
|
32. Siswa memperoleh pengalaman belajar yang
menunjukkan kemampuan
mengenali gejala
alam dan sosial.
A Sebanyak 76% — 100% RPP mata pelajaran
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) memuat kegiatan
pembelajaran yang menunjukkan kemampuan mengenali gejala alam dan sosial
B.Sebanyak 51% — 75% RPP mata pelajaran IPA
dan IPS memuat kegiatan pembelajaran yang menunjukkan kemampuan mengenali
gejala alam dan sosial
C.Sebanyak 26% — 50% RPP mata pelajaran IPA
dan IPS memuat kegiatan pembelajaran yang menunjukkan kemampuan mengenali
gejala alam dan sosial
D.Sebanyak 1% — 25% RPP mata pelajaran IPA
dan IPS memuat kegiatan pembelajaran yang menunjukkan kemampuan mengenali
gejala alam dan sosial
E.Tidak ada RPP mata pelajaran IPA dan IPS
yang memuat kegiatan pembelajaran yang menunjukkan kemampuanmengenali gejala
alam dan social
|
· Dokumen RPP IPA dan IPS
Metode, kegiatan pembelajaran , media, alat
dan sumber belajar
· Kumpulan
kliping
· Laporan
hasil kegiatan analisis gejala alam dan sosial
· Dokumen hasil diskusi siswa
· Dukumen yang berupa foto, CD tentang gejala alam dan sosial
|
Persentase RPP
dari SK/KD yang
menunjukkan gejala alam dan sosial
|
33. Siswa memperoleh pengalaman belajar meng gunakan informasi tentang lingkungan sekitar secara logis, kritis, dan kreatif melalui pemanfaatan sumber belajar berupa; (1) bahan ajar,(2) buku
teks, (3) perpustakaan, (4)
laboratorium, dan (5) internet
A. Sekolah/Madrasah memfasilitasi kegiatan
siswa dengan memanfaatkan dan memfungsikan 5 sumber belajar
B. Sekolah/Madrasah memfasilitasi kegiatan
siswa dengan memanfaatkan dan memfungsikan 4 sumber belajar
C. Sekolah/Madrasah memfasilitasi kegiatan
siswa dengan memanfaatkan dan memfungsikan 3 sumber belajar
D. Sekolah/Madrasah memfasilitasi kegiatan
siswa dengan memanfaatkan dan memfungsikan 2 sumber belajar
E. Sekolah/Madrasah memfasilitasi kegiatan
siswa dengan memanfaatkan dan memfungsikan hanya 1 sumber belajar
|
Dokumen pemanfaatan
sumber belajar :
·
Bahan ajar
·
Buku teks
·
Perpustakaan
·
Laboratorium
·
Internet
|
f. Pemanfaatan sumber belajar dan persentase
banyaknya siswa yang mengikuti kegiatan
|
34. Siswa memperoleh pengalaman belajar yang
menunjukkan kegemaran
membaca dan
menulis.
A. Sebanyak 76% — 100% RPP mata pelajaran
memuat kegiatan pembelajaran membaca dan menulis
B. Sebanyak 51% — 75% RPP mata pelajaran
memuat kegiatan pembelajaran membaca dan menulis
C. Sebanyak 26% — 50% RPP mata pelajaran
memuat kegiatan pembelajaran membaca dan menulis
D. Sebanyak 1% — 25% RPP mata pelajaran
memuat kegiatan pembelajaran membaca dan menulis
E. Tidak ada RPP mata pelajaran yang memuat
kegiatan pembelajaran membaca dan menulis
|
·
Dokumen RPP
(semua
kelas semua mapel pada kegiatan pembelajaran
yang memberi tugas membaca dan menulis )
·
Hasil tugas/karya
siswa berupa a.l : sinopsis, laporan, mading, kliping dll
(semua
kelas semua mapel)
|
|
35. Siswa memperoleh pengalaman belajar yang menunjukkan kecintaan
dan kepedulian terhadap
lingkungan sosial dan fisik.
A. Sebanyak 76% — 100% RPP semua mata
pelajaran dikaitkan dengan kecintaan
dan kepedulian terhadap lingkungan
B. Sebanyak 51% — 75% RPP semua mata
pelajaran dikaitkan dengan kecintaan dan kepedulian terhadap lingkungan
C. Sebanyak 26% — 50% RPP semua mata
pelajaran dikaitkan dengan kecintaan dan kepedulian terhadap lingkungan
D. Sebanyak 1% — 25% RPP semua mata
pelajaran dikaitkan dengan kecintaan dan kepedulian terhadap lingkungan
E. Tidak ada RPP mata pelajaran yang
dikaitkan dengan kecintaan dan kepedulian terhadap lingkungan
|
Dokumen
RPP
(dilihat sumber belajar, alat, media dan kegiatan
pembelajaran yang menunjukkan kecintaan dan kepedulian lingkungan)
|
Persentase RPP yang menunjukkan kecintaan dan
kepedulian lingkungan social dan fisik
|
36. Siswa memperoleh pengalaman belajar yang
menunjukkan kemampuanuntuk
melakukan
kegiatan seni dan budaya
lokal.
A. Dalam satu tahun terakhir, sekolah/madrasah
melaksanakan atau memfasilitasi 4 jenis/kali kegiatan seni dan budaya lokal
B. Dalam satu tahun terakhir,
sekolah/madrasah melaksanakan atau memfasilitasi 3 jenis/kali kegiatan seni
dan budaya lokal
C. Dalam satu tahun terakhir, sekolah/madrasah
melaksanakan atau memfasilitasi 2 jenis/kali kegiatan seni dan budaya lokal
D. Dalam satu tahun terakhir,
sekolah/madrasah melaksanakan atau memfasilitasi 1 jenis/kali kegiatan seni
dan budaya lokal
E.Dalam satu tahun terakhir,
sekolah/madrasah tidak melaksanakan atau memfasilitasi kegiatan seni dan
budaya lokaL
|
1.Dokumen kegiatan seni
budaya lokal (foto,
CD, catatan hasil kegiatan, daftar hadir, dll)
2.SK Kepanitiaan kegiatan,
3. Program/proposal
Tambahan :
Hasil karya seni, misalnya :
1. Seni Lukis.
2. Seni Tari
3. Seni Musik
4. Seni Anyam
5. Seni Pahat
|
Banyaknya kegiatan seni budaya
yang diikuti oleh minimal 75% siswa dalam satu tahun
|
37. Dalam satu tahun terakhir, siswa memperoleh
pengalaman belajar untuk
dapat mematuhi
aturan-aturan sosial yang
berlaku di
lingkungannya.
A.Tidak ada siswa yang melanggar peraturan
sekolah (terlambat masuk, membolos, tidak berseragam, berkelahi, dan lainnya)
B.Kurang dari 5% siswa yang melanggar
peraturan sekolah (terlambat masuk, membolos, tidak berseragam, berkelahi,dan
lainnya)
C.Antara 6 — 10% siswa yang melanggar
peraturan sekolah (terlambat masuk, membolos, tidak berseragam, berkelahi,dan
lainnya)
D.Antara 11 — 15% siswa yang melanggar
peraturan sekolah (terlambat masuk, membolos, tidak berseragam, berkelahi,dan
lainnya)
E.Lebih dari 15% siswa yang melanggar
peraturan sekolah (terlambat masuk, membolos, tidak berseragam, berkelahi,
dan
lainnya)
|
· Dokumen Tata-tertib sekolah
· Dokumen sosialisasi tata-tertib
· Catatan pelanggaran/DLPK
· Catatan pemberian sanksi
· Catatan penyuluhan narkoba
|
Persentase pelanggaran tata-tertib sekolah
|
38. Dalam setahun terakhir siswa memperoleh pengalaman belajar yang dapat menunjukkan kecintaan dan kebanggaan
terhadap bangsa, negara dan
tanah air Indonesia.
A.Sekolah/madrasah mengadakan 4 kali atau
lebih kegiatanyang mampu menumbuhkan kecintaan dan kebanggaanterhadap bangsa,
negara, dan tanah air Indonesia
B.Sekolah/madrasah mengadakan 3 kali
kegiatan yang mampumenumbuhkan kecintaan dan kebanggaan terhadap bangsa,
negara, dan tanah air Indonesia
C.Sekolah/madrasah mengadakan 2 kali
kegiatan yang mampu menumbuhkan kecintaan dan kebanggaan terhadap
bangsa,negara, dan tanah air Indonesia
D.Sekolah/madrasah mengadakan 1 kali
kegiatan yang mampu menumbuhkan kecintaan dan kebanggaan terhadap bangsa,
negara, dan tanah air Indonesia
E.Sekolah/madrasah tidak pernah mengadakan
kegiatan yang mampu menumbuhkan kecintaan dan kebanggaan terhadap bangsa,
negara, dan tanah air Indonesia
|
Dokumen kegiatan yang menunjukkan cinta dan
bangga terhadap bangsa,negara, dan tanah air Indonesia (contoh : upacara
bendera, hari besar nasional, hari besar
Keagamaan, pentas seni budaya dan hari-hari nasional yang lain)
Dokumen tersebut
dibukti-
Kan, a.l :
·
Proposal/ program
·Daftar
hadir
·Data
Kegiatan
·Dokumen
kegiatan, misal foto
|
Banyaknya kegiatan yang menunjukkan cinta
dan bangga terhadap bangsa,negara, dan tanah air Indonesia (contoh : upacara
bendera, hari besar nasional, hari besar keagamaan, pentas seni budaya dan
hari-hari nasional yang lain)
|
39. Siswa memperoleh pengalaman belajar yang menunjukkan kebiasaan hidup bersih, sehat, bugar, aman dan
memanfaatkan waktu luang.
A. Sekolah/Madrasah tiap pekan
menyelenggarakan kegiatan kebersihan
B. Sekolah/Madrasah setiap bulan
menyelenggarakan kegiatan kebersihan
C. Sekolah/Madrasah setiap triwulan
menyelenggarakan kegiatan kebersihan
D. Sekolah/Madrasah setiap semester
menyelenggarakan kegiatan kebersihan
E. Sekolah/Madrasah tidak pernah
menyelenggarakan kegiatankebersihan
|
·
Dokumen program dan pelaksanaan kegiatan yang
menunjukkan kebiasaan hidup bersih, sehat,bugar,aman, dan memanfaatkan waktu
luang
·
Jadwal kegiatan
·
Program
·
Pelaksanaan Kegiatan
·
Dokumen hasil kegiatan
|
Banyaknya kegiatan
hidup bersih: cuci tangan bersama, senam, bersih lingkungan, sanitasi,
periksa kuku, telinga, mata,gosok
gigi,dll.
|
40. Siswa memperoleh pengalaman belajar untuk
dapat menjalankan ajaran
agama yang dianut
sesuai dengan tahap
perkembangan anak.
A.Sekolah/madrasah setiap minggu
menyelenggarakan 4 jenis atau lebih kegiatan pembelajaran agama yang dianut
sesuai dengan tahap perkembangan anak
B.Sekolah/madrasah setiap minggu
menyelenggarakan 3 jenis kegiatan pembelajaran agama yang dianut sesuai
dengan tahap perkembangan anak
C.Sekolah/madrasah setiap minggu
menyelenggarakan 2 jeniskegiatan pembelajaran agama yang dianut sesuai dengan
tahap perkembangan anak
D.Sekolah/madrasah setiap minggu
menyelenggarakan 1 jenis kegiatan pembelajaran agama yang dianut sesuai
dengan tahap perkembangan anak
E.Sekolah/madrasah setiap minggu tidak
menyelenggarakan kegiatan pembelajaran agama yang dianut sesuai dengan
tahap perkembangan anak
|
·
Dokumen program dan pelaksanaan kegiatan
keagamaan
·
Jadwal kegiatan
|
Banyaknya kegiatan
keagamaan dalam satu
minggu
1. Pembiasaan memberi salam
2. Pembiasaan membaca do`a
3. Pembiasaan beribadah sesuai dengan agamanya
4. Penyelenggaraan berbagai kegiatan lain yang bernuansa
keagamaan
|
41. Siswa memperoleh pengalaman belajar untuk menghargai keberagaman
agama, bangsa, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi.
A.Dalam satu tahun terakhir,
sekolah/madrasah menyelenggarakan 4 kali atau lebih kegiatan pembelajaran
untuk menghargai keberagaman agama, bangsa, suku, ras,dan golongan sosial
ekonomi
B.Dalam satu tahun terakhir,
sekolah/madrasah menyelenggarakan 3 kali kegiatan pembelajaran
untukmenghargai keberagaman agama, bangsa, suku, ras, dan golongan sosial
ekonomi
C.Dalam satu tahun terakhir,
sekolah/madrasah menyelenggarakan 2 kali kegiatan pembelajaran
untukmenghargai keberagaman agama, bangsa, suku, ras, dan golongan sosial
ekonomi
D.Dalam satu tahun terakhir,sekolah/madrasah
menyelenggarakan 1 kali kegiatan pembelajaran untuk menghargai keberagaman
agama, bangsa, suku, ras, dan
golongan sosial ekonomi
E.Dalam satu tahun terakhir sekolah/madrasah
tidak menyelenggarakan kegiatan pembela jaran untuk menghargai keberagaman
agama, bangsa, suku, ras, dan golongan social ekonomi
|
· Dokumen
program, pelaksanaan dan
hasil
kegiatan yang menghargai
keberagaman
|
Banyaknya kegiatan
peringatan hari besar nasional, hari besar keagamaan,pentas seni, bakti sosial dll.yang diikuti minimal 90% dari jumlah siswa
|
42. Siswa memperoleh pengalaman belajar bekerjasama dalam kelompok,
tolong-menolong dan menjaga diri sendiri dalam lingkungan keluarga dan teman
sebaya.
A.Sebanyak 76% — 100% RPP semua mata
pelajaran menggunakan metode belajar secara kelompok (cooperative learning)
B.Sebanyak 51% — 75% RPP semua mata
pelajaran menggunakan metode belajar secara kelompok (cooperative learning)
C.Sebanyak 26% — 50% RPP semua mata
pelajaran menggunakan metode belajar secara kelompok (cooperative learning)
D.Sebanyak 1% — 25% RPP semua mata pelajaran
menggunakan metode belajar secara kelompok (cooperative learning)
E. Tidak ada RPP mata pelajaran yang
menggunakan metode belajar secara kelompok (cooperatif learning)
|
Do Dokumen RPP (cek metode
belajar secara kelompok, misal diskusi, bush group, sosiodrama, dll pada silabus dan kegiatan pembelajaran
pada RPP)
|
Persentase RPP yang menggunakan metode belajar
secara kelompok (cooperative learning )
|
43. Siswa memperoleh pengalaman belajar yang
menunjukkan kemampuan
memecahkan
masalah sederhana dalam
kehidupan sehari-
hari.
A.Sebanyak 76% — 100% RPP semua mata
pelajaran menggunakan metode pemecahan masalah (problem solving/problem
based learning)
B.Sebanyak 51% — 75% RPP semua mata
pelajaran menggunakan metode pemecahan masalah (problem solving/problem
based learning)
C.Sebanyak 26% — 50% RPP semua mata
pelajaran menggunakan metode pemecahan masalah (problem solving/problem
based learning)
D.Sebanyak 1% — 25% RPP semua mata pelajaran
menggunakan metode pemecahan masalah (problem solving/problem based
learning)
E. Tidak ada RPP mata pelajaran yang
menggunakan metode pemecahan masalah (problem solving/problem based
learning)
|
Dokumen RPP
Cek metode problem
solving
pada silabus dan
kegiatan pembelajaran pada RPP
,yang termasuk
problem solving a.l adalah : diskusi (kerja kelompok), sumbang saran,
eksperimen, inkuiri.
|
Persentase RPP yang menggunakan metode belajar pemecahan masalah
(problem solving )
|
44. Siswa memperoleh pengalaman belajar dalam
berkomunikasi baik lisan
maupun tulisan.
A.Tersedianya kumpulan karya tulis siswa
baik dari penugasan maupun lomba, laporan hasil kunjungan karya wisata/studi
lapangan, majalah dinding, dan buletin siswa internal sekolah/madrasah, serta diskusi dan
presentasi
B.Tersedianya kumpulan karya tulis siswa
baik dari penugasanmaupun lomba, laporan hasil kunjungan karya wisata/studi
lapangan, dan majalah dinding, serta diskusi dan presentasi
C.Tersedianya kumpulan karya tulis siswa
baik dari penugasan maupun lomba, dan laporan hasil kunjungan karya
wisata/studi lapangan, serta diskusi dan presentasi
D. Tersedianya kumpulan karya tulis siswa
baik dari penugasan maupun lomba, serta diskusi dan presentasi
E. Tidak tersedia kumpulan karya tulis
siswa, diskusi, dan presentasi
|
Kumpulan karya tulis siswa contoh : Dokumen
mading,
Portofolio,Buletin karya siswa,Laporan kunjungan karya wisata.
|
Banyaknya karya tulis siswa yang diikuti
setidak-tidaknya oleh 90% siswa
|
45. Siswa memperoleh pengalaman belajar yang
menunjukkan keterampilan
menyimak,
berbicara, membaca,
menulis dan berhitung
A. Sekolah/Madrasah menghasilkan 4
karya siswa atau lebih
B. Sekolah /Madrasah menghasilkan 3 karya
siswa
C. Sekolah /Madrasah menghasilkan 2 karya
siswa
D. Sekolah /Madrasah menghasilkan 1 karya
siswa
E. Sekolah /Madrasah tidak menghasilkan
karya siswa
|
·
Dokumen hasil karya siswa yang memperoleh
penghargaan terkait
dengan
menyimak, berbicara, membaca, menulis dan berhitung, misal : pidato,cipta dan
baca puisi, sinopsis, mengarang, olimpiode Matematika.
·
Daftar kejuaraan ,piala, piagam penghargaan
|
Banyaknya jenis
karya siswa yang memperoleh
penghargaan terkait
|
46. Sekolah/Madrasah memiliki prestasi yang
ditunjukkan dengan
rata-rata hasil UASBN.
A. Rata-rata UASBN lebih dari 8,00
B. Rata-rata UASBN antara 7,01 — 8,00
C. Rata-rata UASBN lebih dari 6,01 — 7,00
D. Rata-rata UASBN lebih dari 5,01 — 6,00
E. Rata-rata UASBN lebih rendah 5,01
|
Dokumen nilai UASBN /UN
1 tahun terakhir
|
Nilai rata-rata UASBN /UN
|
Rabu, 15 Oktober 2014
03 STANDAR SKL
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar